Ini Larangan untuk Minimarket pada Malam Natal dan Tahun Baru

Ilustrasi perayaan tahun baru

Ilustrasi perayaan tahun baru

POJOKBANDUNG.com – Khawatir lokasi minimarket dijadikan tempat nongkrong dan mabuk-mabukan oleh sekelompok orang tidak bertanggung jawab, Pemerintah Kota Cimahi melarang sejumlah minimarket maupun ritel modern buka hingga larut malam pada malam Natal dan Tahun Baru.

Batas maksimum buka toko yang sudah ditentukan oleh Pemkot Cimahi yakni sampai pukul 22.00 Wib.

Kepala Seksi Perdagangan Disdagkoperin Kota Cimahi, Agus Nirwan, mengatakan pihaknya akan melayangkan surat edaran batasan operasional toko modern yang sudah disepakati oleh Wali Kota Cimahi.

“Rencananya hari Rabu (13/12/2017) surat pemberitahuan itu akan diedarkan, berlaku sejak tanggal 24 Desember dan 31 Desember,” kata Agus.

Baca Juga:

Jelang Natal dan Tahun Baru, Harga Kebutuhan Pokok Mulai Naik

Pangandaran Masih Jadi Destinasi Wisata Favorit Libur Natal & Tahun Baru

Untuk penyebaran surat edaran tersebut, Disdagkoperin secara keseluruhan telah menyiapkan sekitar 200 surat pemberitahuan yang akan diberikan kepada toko modern.

Menurut dia, kebijakan tersebut diambil untuk meminimalisir kejadian-kejadian negatif pada malam sebelum perayaan hari raya. Terlebih, hal itu berpotensi menimbulkan aksi kriminalitas.

“Tentunya kami harap, dengan kebijakan tersebut situasi perayaan Natal dan Tahun Baru 2018 di Kota Cimahi tetap terkendali dan kondusif. Kita juga akan bekerjasama dengan pihak satuan polisi pamong Praja (Satpol PP),” tuturnya.

Sementara itu, sebagai penegak Peraturan Daerah (Perda), dalam upaya menjaga kondusivitas daerah, Satpol PP Cimahi akan membantu melakukan pengamanan dan pemantauan lokasi ke beberapa minimarket yang disinyalir buka hingga 24 jam.

“Patroli keamanan jelas akan kami lakukan. Karena khawatir ada peristiwa yang tidak diinginkan,” ujar Sekretaris Dinas Satpol PP Cimahi, Dadan Darmawan, saat dihubungi Radar Bandung.

Baca Juga:

Jelang Natal dan Tahun Baru, Dishub Cimahi Lakukan Pemeriksaan di Jalur Wisata

Hoaks yang Lagi Hits Nih, Penularan HIV Lewat Terompet Tahun Baru

Sejauh ini, dari hasil maping yang dilakukan Satpol PP, minimarket yang buka hingga 24 jam, berada di wilayah Citeureup, Jalan Amir Machmud dan di kawasan Jalan Jenderal Sudirman.

“Kita prioritaskan beberapa titik tersebut. Apabila masih ada toko yang buka maka, kami akan langsung menyuruh pengelola untuk menutup tokonya tersebut,” tegasnya.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya pun akan menyoroti peredaran minuman keras yang dikhawatirkan beredar pada saat malam perayaan hari raya maupun tahun baru.

“Itu sudah tentu akan kami awasi, karena cikal bakal aksi kriminal salah satu akibat menggak miras,” pungkasnya.

(gat)

loading...

Feeds