Waspada! Pilgub Jabar Bakal Penuh Isu SARA Seperti Pilgub DKI. Begini Analisa Pengamat

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Manuver Partai Gerindra yang bertekad mengusung Mayjen TNI (Purn) Sudrajat dan gencar melobi PKS dan PAN untuk dijadikan teman koalisi, cukup mengkhawatirkan sejumlah pihak. Sebab,formasi koalisi ini identik dengan Pilkada DKI Jakarta 2017.

Ketua Studi Politik dan Keamanan Unpad, Muradi mengatakan seandainya ketiga partai itu berkoalisi di Pilgub Jabar, tidak mustahil pola Pilgub DKI akan terulang di Jabar.

Ia menengarai Gerindra, PAN, dan PKS menghendaki pola tersebut.

“Ada indikasi ke arah sana,” tegas Muradi, di Bandung, Senin (12/11/2017).

Baca Juga:

Ingin Pilgub Jabar Bebas Isu SARA? Gerakan untuk Ahok Harus Dihentikan

Jangan Coba-coba Eksploitasi Isu SARA dalam Pilgub Jabar

Menurutnya, hal itu diperkuat dengan adanya pernyataan Ketua DPW Partai Gerindra Jabar, Mulyadi yang menyatakan secara luas ingin mengulang koalisi Pilkada Jakarta 2017 di Pilgub Jabar 2018.

Maka ia pun menduga kuat munculnya isu reuni 212 di Jakarta beberapa waktu lalu selaras dengan arah politik yang dibangun Prabowo itu.

“Kalau isunya agama, susah untuk mengatakan tidak. Bahwa ini efektif betul,” katanya.

Baca Juga:

Waspada! Rumah Ibadah Jadi Tempat Kampanye Isu SARA dan Ujaran Kebencian

Dedi Mulyadi Diserang Isu SARA, Golkar: Jangan ‘Jakartanisasi’ Pilgub Jabar

Namun prediksi itu semua bergantung pada Gerindra, apakah akan menggunakan pendekatan keagamaan atau tidak. Jika terjadi, dia mengingatkan masyarakat agar tidak mudah terpengaruhi oleh isu-isu yang dimunculkan.

Maka, lanjut dia, langkah-langkah yang harus dilakukan rival koalisi Gerindra, harus bisa meng-counter isu-isu yang dimunculkan. Salah satunya, kandidat harus memiliki kultur keagamaan yang kuat.

“Contoh, Ridwan Kamil harus memilih calon wakil gubernur yang berlatar belakang ulama,” katanya.

(atp/pojokbandung)

loading...

Feeds

Akan Ada Mini Bandung di Ukraina

Kerjasama ini terbangun setelah Pemkot kota Bandung mendapat mandat Kedutaan Besar Indonesia di Ukraina pada Oktober 2017 untuk mengenalkan budaya …