Penyerahan Tongkat Komando Panglima TNI. Marsekal Hadi Semringah, Jenderal Gatot Haru

Jenderal Gatot Nurmantyo salam komando dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto usai serah terima jabatan di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta. Foto: Fathan Sinaga

Jenderal Gatot Nurmantyo salam komando dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto usai serah terima jabatan di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta. Foto: Fathan Sinaga

POJOKBANDUNG.com – Upacara penyerahan tongkat komando Panglima TNI dari Jenderal Gatot Nurmantyo kepada Marsekal Hadi Tjahjanto diwarnai suasana sedu sedan tangis para perwira TNI.

Suasana tersebut terlihat usai Gatot menyerahkan tongkat komando dan panji bendera kepada Hadi, dalam sebuah upacara di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Sabtu (9/12/2017).

Para perwira tinggi TNI terutama yang berasal dari matra angkatan darat terlihat beberapa kali mengusap matanya.

Usai menyerahkan tongkat komando, sepuluh sukhoi memecah keheningan. Pesawat yang terdiri dari dua kloter itu menghiasi langit pergantian jabatan Panglima TNI.

Usai adegan dan semua prosesi upacara tersebut, Gatot dan Hadi langsung menghadap ke wartawan untuk mengabadikan gambar. Tidak ada sesi wawancara.

Jenderal Gatot Nurmantyo usai serah terima jabatan di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta. Foto: Fathan Sinaga

Gatot dan Hadi langsung menuju tenda yang ditempati para perwira tinggi TNI dan undangan. Keduanya pun menyalami mereka. Tampak perbedaan ekspresi antara Gatot dan Hadi saat menyalami setiap anak buahnya itu.

Hadi tampak semringah, sedangkan Gatot matanya berkaca-kaca setiap menyalami para perwira itu. Perbedaan itu juga terlihat saat Hadi lebih dahulu meninggalkan lokasi, sedangkan Gatot masih menyalami para perwira tinggi TNI yang duduk di kursi depan.

Baca Juga:

Oknum Anggota TNI Pukul Polisi, Jenderal Gatot Minta Maaf

Cuit Soal Panglima Gatot, Nikita Mirzani Pasrah Dilaporkan ke Polisi

“Selamat, ya. Semoga sukses selanjutnya,” tutur Gatot sambil memukul pundak salah satu perwira tinggi. Mata Gatot saat menyalami para perwira terlihat memerah. Keringat mengucur dari kepalanya.

Sebelumnya dalam amanatnya, Jenderal Gatot menyatakan syukur dan bangga dengan telah dilantiknya Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI.

“Ini adalah rasa syukur dan bangga denga dilantiknya Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI. Hari ini, saya secara resmi serahkan tongkat pimpinan TNI, yang di dalamnya melekat tugas. Selamat menjalankan tugas yang mulia ini,” kata Gatot.

Gatot menambahkan, pergantian Panglima TNI bukan hanya wujud regenerasi pimpinan dalam mengelola institusi.

Baca Juga:

Jokowi Pilih Hadi Tjahjanto Panglima TNI, Begini Tanggapan Jenderal Gatot Nurmantyo

Jenderal Gatot Pastikan Semua Sandera KKB di Papua Kondisinya Selamat

Namun, pergantian tersebut harus mencerminkan perubahan yang berkelanjutan demi TNI yang lebih baik.

“Yang harus berubah strategis, bergerak cepat. Tantangan tugas yang kompleks dan tidak ringan,” tambah Gatot.

Kendati demikian, selama menjadi prajurit TNI selama 36 tahun, Gatot meyakini bahwa Hadi mampu mengemban semua tugas TNI.

Gatot melihat mantan Kepala Staf Angkatan Udara itu memiliki potensi memajukan TNI, berdasarkan pengalaman yang dimilikinya di KSAU.

“Saya meyakini Hadi akan mampu memimpin organisasi ini mewujdkan harapan bangsa dan negara,” tandas dia.

(tan/jpnn)

loading...

Feeds