Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi Dominasi Jagat Sepak Bola, Ini Buktinya

GOLDEN BOOT - Lionel Messi meraih Golden Boot 2016/2017 dengan total koleksi 37 gol (@barcelonafc/twitter)

GOLDEN BOOT - Lionel Messi meraih Golden Boot 2016/2017 dengan total koleksi 37 gol (@barcelonafc/twitter)

POJOKBANDUNG.com – DOMINASI Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi dalam sepuluh tahun terakhir sulit tertandingi. Sejak 2008, gelar pemain terbaik dunia selalu digilir dua orang ini.

Baik Ronaldo maupun Messi, sama-sama mengoleksi lima Ballon d’Or.

Tahun ini, Ballon d’Or menjadi milik Ronaldo. Pemain berkebangsaan Portugal ini memenangkan penghargaan itu secara beruntun, 2016 juga 2017.

Itu artinya, dalam satu dekade terakhir, hanya ada dua pemain yang dianggap terbaik di dunia. Saking dominannya dua orang ini, pemain-pemain seperti Xavi Hernandez, Andres Iniesta, dan Luka Modric bahkan Neymar pun harus rela gigit jari.

Mereka bertiga adalah pemain yang tingkat kehebatannya sudah di atas awang-awang, tetapi Messi dan Ronaldo adalah dua ‘spesies’ yang sama sekali lain.

Sialnya, mencari kekurangan dua orang ini sulitnya setengah mati. Messi dan Ronaldo secara konstan mampu membuktikan bahwa mereka berdua memang yang terbaik saat ini.

Cristiano Ronaldo terpilih sebagai Pemain Terbaik Dunia FIFA 2017 untuk yang kedua kalinya. (fifa.com)

Flashback ke 2010, Messi meraih penghargaan FIFA Ballor d’Or. Padahal waktu itu, Iniesta mampu mengantarkan Spanyol menjadi juara Piala Dunia lewat gol tunggalnya di partai final melawan Belanda.

Selain itu, penampilan Iniesta secara keseluruhan pada musim 2009/10 pun tokcer seperti    biasanya.

Melihat Messi dan Ronaldo sebagai pesepak bola terbaik memang sangat mudah. Tolak ukurnya jumlah gol.

Statistik individu bisa banyak menceritakan performa mereka sebagai pemain selama 12 bulan terakhir, tetapi sebanyak yang juga bisa dipelajari melalui pencapaian klub mereka setahun terakhir.

Di level klub, Ronaldo jelas unggul, pemain berusia 32 tahun itu mengantar Real Madrid menjadi tim pertama yang mampu mempertahankan trofi Liga Champions melalui dua golnya di final melawan Juventus.

Los Blancos juga mengangkat gelar La Liga dan Supercopa de Espana, sehingga memaksa Messi harus puas dengan satu trofi Copa del Rey bersama Barcelona.

Pada level internasional, kedua pemain sukses mengantar negara mereka lolos ke Piala Dunia 2018, meski sedikit masalah merintangi perjuangan mereka.

Argentina harus susah payah lolos ke Rusia. Messi menampilkan salah satu performa terbaiknya dengan jersey Albiceleste melalui hat-trick ke gawang Ekuador.

loading...

Feeds