Wah! Makan Ikan Punya 6 Manfaat Dahsyat Ini

ikan siap santap. Foto ilustrasi

ikan siap santap. Foto ilustrasi

POJOKBANDUNG.com – Siapa yang tidak tahu ikan? Ikan merupakan salah satu protein hewani yang sangat baik untuk kesehatan.

Ada banyak manfaat dari konsumsi ikan secara rutin. Apa pun jenis ikannya, karena lemak yang terdapat dalam ikan adalah lemak tak jenuh, hal ini membuatnya mudah dicerna tubuh.

Berikut ini beberapa manfaat mengonsumsi ikan bagi kesehatan, seperti dilansir laman MSN.

  1. Menurunkan risiko penyakit jantung

Ikan kaya akan asam lemak omega-3 sehat yang bisa mengurangi peradangan, membantu melindungi jantung Anda dan mencegah penyakit kronis.

Baca Juga:

Apakah Warna Bibir Anda Sudah Sehat? Begini Cara Ngeceknya

4 Manfaat Sarapan Pagi, Salah Satunya Biar Nggak Lemah Otak Atawa Lemot

  1. Mengurangi risiko penyakit alzheimer

Ikan juga merupakan makanan penting bagi otak Anda. Dalam sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association, konsumsi makanan laut moderat dikaitkan dengan risiko penyakit Alzheimer yang lebih rendah.

  1. Bisa membantu depresi

Makanan laut ini juga luar biasa untuk kesehatan mental Anda. Journal of Psychiatry & Neuroscience menemukan bahwa minyak ikan bisa membantu mengatasi gejala depresi saat dikonsumsi dengan inhibitor reuptake serotonin selektif (SSRI), sejenis antidepresan.

  1. Sumber Vitamin D

Menurut The National Institutes of Health, ikan mengandung vitamin D tinggi dan dianggap sebagai salah satu sumber makanan terbaik untuk nutrisi penting ini.

Baca Juga:

Penting! sebelum Dimasak, Daging Ayam Sebaiknya Tidak Perlu Dicuci

Kulit Ketiak Anda Warna Hitam? Ini 7 Penyebabnya

  1. Membantu meningkatkan visi dan kesehatan mata

Badan Penelitian dan Mutu Kesehatan menemukan bahwa asam lemak omega-3 bermanfaat untuk meningkatkan penglihatan dan kesehatan mata.

  1. Bisa membantu tidur lebih baik

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Clinical Sleep Medicine, peningkatan konsumsi ikan meningkatkan kualitas tidur bagi sebagian besar subjek.

Periset menduga hal ini disebabkan tingginya konsentrasi vitamin D ikan yang membantu dalam tidur.

(fny/jpnn)

loading...

Feeds