PT KAI Siapkan Bus untuk Layani Penumpang Kereta Api yang Tertahan Longsor  

Kereta api. Foto: Dishub Jabar

Kereta api. Foto: Dishub Jabar

POJOKBANDUNG.com – Amblesan akibat pergeseran tanah mengakibatkan tertutupnya perlintasan rel di Km 227 + 4/5 antara Stasiun Warung Bandrek dan Stasiun Bumiwaluya.

PT KAI menyiapkan pola operasi pengganti agar penumpang tetap terlayani.

Kadishub Jabar Dedi Taufik mengatakan, pihaknya menggunakan pola memutar dan overstaapen, atau menggunakan feeder bus untuk kemudian melanjutkan menggunakan kereta api.

Untuk memaksimalkan pelayanan, kereta yang tertahan dari arah timur menuju Bandung yaitu KA Mutiara Selatan tujuan Malang-Surabaya-Bandung, KA Malabar tujuan Malang-Bandung, KA Turangga tujuan Surabaya-Bandung, dan KA Lodaya tujuan Solobalapan-Yogyakarta-Bandung.

Baca Juga:

Akses Jalan Menuju Bandara Kertajati Segera Dimulai

Akses ke BIJB Bisa Naik Kereta Cepat

“Penumpang diberikan pilihan tetap meenghunakan kereta, tapi memutar, atau menggunakan bus menuju Bandung,” ujarnya saat dihubungi, Kamis (7/12/2017).

Untuk memfasilitasi perpindahan moda, pihak Daop 2 menyediakan 30 bus yang sudah siap di beberapa stasiun. Di Stasiun Tasikmalaya disediakan 9 bus untuk mengangkut penumpang KA Turangga dan KA Lodaya menuju Bandung.

Sementara di Stasiun Ciawi disediakan 11 bus untuk mengangkut penumpang KA Kahuripan menuju Bandung.

Sedangkan KA Serayu tujuan Pasar Senen-Kiaracondong-Purwokerto dan Purwokerto-Kiaracondong-Pasar Senen disediakan 10 bus di Stasiun Cibatu.

Baca Juga:

15 Kota/Kabupaten di Jabar Raih Penghargaan Wahana Tata Nugraha

Perbaikan Jalur Kereta Api yang Tertimbun Longsor di Garut, Ditargetkan Selesai Sore Ini

“Khusus untuk KA Serayu penumpang dari kedua arah bertukar kereta untuk kemudian melanjutkan perjalanan menuju tujuan. penumpang KA Serayu tetap menggunakan kereta api. Yang dari arah Bandung akan menggunakan bus dari Stasiun Cibatu menuju Stasiun Cipeundeuy untuk kemudian naik kereta,” ujarnya.

Dedi melanjutkan, untuk penumpang KA Serayu dari arah Purwokerto menggunakan bus dari Stasiun Cipeundeuy menuju Stasiun Cibatu, untuk kemudian melanjutkan perjalanan penuju Bandung dengan tujuan akhir Pasar Senen.

“Sedangkan untuk keberangkatan kereta lodaya  pagi  jurusan  bandung – Yogyakarta – Solo pukul 07:20,  penumpang  dari stasiun Bandung dan  Kiaracondong  difasilitasi  dengan  naik bus untuk diantar ke stasiun tasikmalaya,” pungkasnya.

(bbb)

loading...

Feeds