Hari Bakti PU ke-72 Tingkat Provinsi, Wagub Ajak Tuntaskan Pembangunan Infrastruktur

Deddy Mizwar

Deddy Mizwar

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar (Demiz) menjadi Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Bakti Pekerjaan Umum (PU) Ke 72 Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2017 yang diikuti oleh 17 Instansi lingkup Pemprov Jabar maupun Kementerian di Halaman Depan Gedung Sate Bandung, Senin (4/11/17) pagi.

Demiz yang membacakan sambutan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, M. Basuki Hadimuljono yang bertema, “Bakti PUPR Bangun Daya Saing Bangsa”, mengajak seluruh sektor untuk meningkatkan kerja sama dan kekompakan dalam menuntaskan misi pembangunan infastruktur yang diamanahkan kepada Kementerian PUPR.

Dalam memasuki akhir tahun ke tiga Kabinet Kerja, Demiz menyampaikan capaian Kementrian PUPR yang telah dirasakan langsung oleh masyarakat.

Baca Juga:

DPRD Jabar Soroti Standar Gedung Lingkungan Pemprov Jabar

Tol Soroja Rampung, Pemprov Jabar Dorong Percepatan Proyek Tol Cigatas

Di antaranya ketahanan air dan pangan, telah diselesaikan sembilan bendungan dan sedang dikerjakan secara paralel sebanyak 30 bendungan di seluruh wilayah Indonesia; peningkatan konektivitas, telah diselesaikan pembangunan 2.623 km jalan baru.

“Dari tahun 2015 hingga akhir tahun 2017 ini, kita telah dapat mengoperasikan tambahan jalan tol baru sepanjang 568 km, yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Jawa dan Trans Sumatera. Sedangkan sampai akhir 2019, kita optimis untuk dapat menyelesaikan tol baru sepanjang 1.851 km,’ katanya.

Selain itu lanjutnya, upaya peningkatan kualitas lingkungan permukiman, telah dimulai pekerjaan Sistem Pengembangan Air Minum (SPAM) Umbulan di Jawa Timur yang telah direncanakan sejak 40 tahun yang lalu;

Baca Juga:

Komitmen Pemprov Jabar Tingkatkan Kesejahteraan dan Kualitas Guru

DPRD Jabar Usulkan Penataan Aset Pemprov Jabar

Pengembangan kawasan perbatasan sebagai embrio pusat pertumbuhan wilayah, telah diresmikan pengoperasian tujuh Pos Lintas Batas Negara (PLBN); bidang perumahan telah dibangun sampai akhir Oktober 2017 sebanyak 2,2 juta unit rumah, terutama untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR);

Mendukung perhelatan Asian Games 2018, dengan membangun berbagai venues di GBK, Kemayoran, dan Jakabaring; serta Kementerian PUPR pun tengah fokus dalam mendukung 10 destinasi pariwisata sebagai Bali Baru dengan empat prioritas utama, yakni Danau Toba, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo.

“Berbagai capaian di atas telah menopang pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan daya saing nasional yang positif dalam tiga tahun terakhir. Laporan World Economic Forum tahun 2017-2018  menyatakan bahwa Indeks Daya Saing Global Indonesia naik dari peringkat 41 menjadi 36. Sementara Indeks Daya Saing Infrastruktur naik dari peringkat 60 menjadi 52,” ungkapnya.

loading...

Feeds