500 Kades Deklarasikan Gerakan Nasional Komunitas Desa

Staf Khusus Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Syaiful Huda, membuka Pencanangan Gerakan Nasional Komunitas Desa di Dago. Foto: Atep K/Pojokbandung

Staf Khusus Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Syaiful Huda, membuka Pencanangan Gerakan Nasional Komunitas Desa di Dago. Foto: Atep K/Pojokbandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Sekitar 500 kepala desa dari seluruh kabupaten di Jawa Barat, mendeklarasikan Gerakan Nasional Komunitas Desa, di Desa Ciburial, Kabupaten Bandung, Kamis (8/12/2017).

Deklarasi ini diinisiasi oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT).

“Komunitas desa itu bisa menjadi wadah inovasi untuk menciptakan kesejahteraan masyarakatnya, karena pembangunan desa tidak selalu hanya urusan infrastruktur,” ujar Staf Khusus Menteri Desa PDTT, Syaiful Huda, usai pembacaan deklarasi.

Baca Juga:

Terdesak Kebutuhan Air, TNI dan Warga Percepat Pembangunan Bendungan

Alhamdulillah! Warga Desa Mekarsari Menang dalam Gugatan Melawan PLTU Indramayu

Menurutnya, gerakan komunitas desa ini dicanangkan khusus untuk Jawa Barat, mengingat pentingnya gerakan tersebut demi menjalankan mandat Undang-undang Desa Nomor 6/2014.

Tujuannya, agar pemerintah dan masyarakat desa harus aktif menjalankan pembangunan desanya masing-masing.

“Desa harus aktif, syaratnya hanya kemauan dan inisiatif. Pemerintah desa dan masyarakat sama-sama harus menjadi aktor pembangunan. Maka jadilah inisiator penggerak desa, jadilah aktor pembangunan,” tegas Huda.

Baca Juga:

Gubernur Jabar : Pembangunan Desa Dimaksimalkan, Keuangan Jangan Diselewengkan

Ajay Desak Pembangunan Flyover Padasuka Cimahi Rampung 2018

Ia menegaskan, setiap kepala desa harus berkolaborasi dengan warganya. Dana stimulan untuk desa yang mencapai triliunan akan sia-sia jika tidak terjadi saling menunjang antara kepala desa dan warga.

Lima poin deklarasi yang diucapkan ratusan kepala desa tersebut, dipandu oleh Ketua Komunitas Hong, Zaini Alif, lalu diikuti ratusan kepala desa.

Kemendesa PDTT menjadikan Zaini Alif sebatai figur penggerak pembangunan desa melalui Komunitas Hong yang dibangunnya sejak beberapa tahun lalu.

loading...

Feeds