Tim Panelis Terbentuk, Pengamat: Ridwan Kamil Tak Perlu Konvensi

Ridwan Kamil (Foto: Riana Setiawan)

Ridwan Kamil (Foto: Riana Setiawan)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Rencana konvensi Partai Nasdem untuk mencari pasangan Ridwan Kamil di Pilgub Jabar 2018 dianggap sebagai langkah kontraproduktif.

Sebab, nama yang akan diputuskan belum tentu mempunyai chemistry yang bagus.

BACA JUGA:

Ridwan Kamil Harusnya Tentukan Sendiri Calon Pendampingnya

Ridwan Kamil Punya Hak Tentukan Wakilnya dan Sepekan Kedepan Akan Mulai Memilih

Pakar Politik dan Pemerintahan dari Unpad Bandung, Firman Manan menyebut Ridwan Kamil bisa memilih calon wakil gubernurnya sendiri tanpa terpengaruh pihak lain.

“Kalaupun nama yang diputuskan punya kualitas bagus, tapi tidak punya hubungan emosional yang baik akan berpengaruh pada kinerja,” kata Firman saat dihubungi, Minggu (3/12).

Pengamat Ragukan Konvensi untuk Pasangan Ridwan Kamil

Jika konvensi berlanjut, maka tetap saja keputusan akhir harus berada di tangan Ridwan Kamil karena dia sendirilah yang mengetahui apa yang dibutuhkannya.

Seharusnya Ridwan Kamil sudah bisa mengetahui calon wakilnya yang tepat. Caranya, bisa mengacu pada hasil survei dan karakteristik calon pendampingnya saat ini.

Firman mengatakan, Ridwan Kamil membutuhkan sosok pendamping yang memiliki kultur keagamaan yang kuat. Namun, tidak pula mengeyampingkan pengalaman di pemerintahan. “Tim panelis yang terdiri dari sembilan orang harus memberi penilaian yang obyektif dan transparan terhadap masing-masing kandidat,” terangnya.

Penilaian yang diberikan harus berdasarkan kualitas kandidat bukan karena faktor kedekatan politik.

Seperti diketahui, kesembilan panelis pilihan Ridwan Kamil untuk konvensi itu di antaranya Uu Rukmana (mantan Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Jawa Barat), Popong Otje Djunjunan/Ceu Popong (saat ini anggota Fraksi Golkar di DPR RI), dan Tjetje Hidayat Padmadinata (politisi dan pendiri Angkatan Muda Siliwangi).

loading...

Feeds