Liburan Saat Cuaca Tak Menentu, Siapkan Aplikasi Ini di Ponsel Anda

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, KONDISI cuaca di beberapa wilayah Indonesia belakangan ini cukup mengkhawatirkan. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut cuaca ekstrem tersebut akibat adanya Siklon Tropis Cempaka, juga yang terbaru Siklon Dahlia. BMKG pun mengimbau masyarakat agar selalu waspada hingga seminggu ke depan, termasuk momen akhir pekan saat ini.

Liburan akhir pekan bersama keluarga maupun orang terkasih memang sangat menyenangkan, namun bagaimana jika perjalanan ternyata berbarengan dengan kondisi cuaca yang kurang bersahabat?

Tenang saja, liburan masih bisa tetap menyenangkan dengan mempersiapkan beberapa hal di tengah kondisi cuaca yang kurang mendukung. Salah satunya adalah selalu memantau kondisi cuaca melalui gadget semisal ponsel pintar.

Ada banyak aplikasi yang tersedia untuk memantau kondisi cuaca di Indonesia, bahkan beberapa aplikasi seperti milik BMKG tersedia untuk Android dan iOS. Aplikasi bernama info BMKG bisa diunduh gratis untuk memantau kondisi cuaca, kualitas udara, gempabumi, cuaca maritim, dan cuaca bandara.

Dengan menggunakan aplikasi pantauan cuaca, liburan masih bisa dilakukan dengan tetap mewaspadai kondisi cuaca yang kemungkinan bisa berubah setiap saat.

Penting untuk diperhatikan, pertama, pastikan Anda telah mengunduh aplikasi ini, dan nyalakan fitur lokasi pada ponsel pintar supaya dapat terdeteksi oleh sistem Global Positioning Sistem (GPS).

Kedua, tentukan tujuan ke mana Anda ingin melakukan perjalanan dengan memasukan kota dan tempat tujuan wisata. Misalnya memilih Jawa Barat, dan Bandung Sebagai tujuan.

Ketiga, pantau kondisi dan perubahan cuaca secara berkala, agar dapat memilih jam-jam tertentu untuk sampai di lokasi wisata dengan cuaca yang sudah membaik, atau memilih area tertutup sebagai tujuan wisata.

Mepersiapkan segala sesuatu dengan matang, termasuk liburan di tengah cuaca ekstrem memang perlu. Hal ini dilakukan agar perjalanan liburan Anda sekeluarga bisa tetap menyenangkan.

(ryn/JPC)

loading...

Feeds