Gubernur Aher Buka Balap Sepeda Tour De Linggarjati 2017

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan membuka balap sepeda “Tour de Linggarjati” (TdL) 2017

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan membuka balap sepeda “Tour de Linggarjati” (TdL) 2017

POJOKBANDUNG.com – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) membuka gelaran balap sepeda bertajuk Tour de Linggarjati (TdL) 2017. Sport tourism bertaraf internasional ini berlangsung 1-3 Desember di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Gubernur Ahmad Heryawan mengatakan, penyelenggaraan event wisata olahraga TdL 2017, menjadi salah satu upaya yang efektif dalam mempromosikan dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Kuningan sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Selama TdL 2017 berlangsung, diharapkan akan menarik minat yang besar bagi para wisatawan nusantara (wisnus), ataupun wisatawan mancanegara (wisman) untuk berkunjung ke Kabupaten Kuningan. Adapun harapannya, belanja yang mereka keluarkan, akan langsung dibelanjakan di tingkat masyarakat.

“Ajang wisata olahraga, mempunyai ikutan langsung berupa peningkatan ekonomi serta promosi yang dampaknya akan mendorong peningkatan kunjungan wisatawan, dan berujung pada majunya perekonomian masyarakat,” kata Aher saat membuka secara resmi event Tour de Linggarjati, di Lapangan Desa Pancalang Kabupaten Kuningan, (01/12/2017).

Baca Juga:

Netty Heryawan Bersepeda Sambil Kampanye tentang Kekerasan

Asyik, Keliling Kota Bandung dengan Bersepeda di Akhir Pekan

Pemkot Bandung Ajak Masyarakat Beralih ke Sepeda

Gubernur Aher mendukung penuh penyelenggaraan Tour de Linggarjati 2017. Ia berharap, event tersebut bisa menginspirasi masyarakat untuk bersepeda sebegai hobi dan kebutuhan agar lebih sehat tubuh, juga lebih ramah lingkungan.

Aher juga mengungkap filosofi bersepeda, yaitu, terus mengayuh, meninggalkan setiap rintangan dengan penuh semangat, demi menyongsong masa depan.

“Anak muda saat ini sudah menganggap olahraga sebagai kebutuhan, bahkan gaya hidup. Tentunya hal ini baik,” ungkap Aher.

Bupati Kuningan Acep Puranama mengatakan, sebanyak 43 tim dengan total 250 pembalap dari dalam dan luar negeri siap beradu cepat pada event yang juga siap masuk kalender Union Cycliste Internationale (UCI) ini.

“Peserta hadir dari Singapura, Thailand, Filipina, dan Malaysia, serta tentunya tuan rumah Indonesia. TdL yang sudah digelar ketiga kalinya ini, juga dipersiapkan menjadi event kaliber internasional seperti Tour de Singkarak yang sudah go international,” kata Bupati Majalengka Acep Purnama.

Melalui event TdL, Acep berharap dapat mengenalkan pariwisata Kuningan secara bertahap.

Di samping itu Dirinya menuturkan, TdL 2017, juga dihelat dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Kuningan ke-519 dan memperingati peristiwa Perundingan Linggarjati ke-71 sebagai bagian sejarah perjuangan Bangsa Indonesia.

TdL 2017, terbagi menjadi tiga kategori lomba, yaitu Individual Time Trial (ITT) start dari Simpang Tiga Caracas dan finish di halaman Gedung Perundingan Linggarjati dengan jarak tempuh 9,9 km (Hari Jumat, 1 Desember 2017 pukul 08.00 – 10.30 WIB).

Lalu, kategori Individual Road Race (IRR) start dan finis halaman Kantor Pemda Kabupaten Kuningan, dengan jarak tempuh youth 30,7 km, junior 63,7 km, dan elite 106,4 km (Sabtu, 2 Desember 2017, pukul 08.00 – 13.00 WIB).

(mun)

loading...

Feeds