Difteri, Penyakit Tenggorokan yang Mematikan. Ini Cara Mengenalinya

Grafis (Errie Dini/ Jawa Pos)

Grafis (Errie Dini/ Jawa Pos)

POJOKBANDUNG.com- INDONESIA tengah memerangi wabah penyakit difteri. Kemenkes telah menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) karena jenis penyakit ini telah banyak memakan korban jiwa, setidaknya di 20 provinsi di Tanah Air.

Data Kementerian Kesehatan menyebutkan, kasus difteri juga terjadi di Jawa Barat dengan 95 kasus dengan 10 kasus kematian. Kasus terbanyak terjadi di Jawa Timur dengan 271 kasus dan 11 kematian.

BACA JUGA: Kemenkes Tetapkan KLB Kasus Difteri, 10 Orang Meninggal di Jabar

“Banyak kasus difteri memakan korban jiwa. Wabah difteri merupakan penyakit infeksi yang disebabkan kuman yang sangat mudah menular. Berbahaya sebabkan kematian karena mengeluarkan racun. Pada kejadian luar biasa bisa terjadi di hidung dan kulit,” terang Direktur Surveilans Karantina Kesehatan Kemenkes, Jane Soepardi, Sabtu (2/12).

Menurut Jane, difteri sesungguhnya dapat dicegah melalui imunisasi. Terbukti, pada tahun 90an, penyakit ini sempat hilang karena cakupan imunisasi di atas 80 persen. “Saat itu kekebalan bisa berbagai macam, tubuh membentuk imunitas. Misalnya vaksin DPT (Dirfteri, Pertusis, Tetanus),” katanya.

Jane mengatakan kunci dari penanganan kasus difteri adalah pengenalan gejala awal, yaitu keberadaan sejenis selaput kotor di tenggorokan. Selaput tersebut, jika dibiarkan maka akan menutup jalan napas karena terajadi pembengkakan yang menekan tenggorokan. “Sebab bakterinya bisa produksi racun. Bisa masuk ke jantung dan saraf, itu menyebabkan kematian, masa inkubasinya 2-4 hari,” katanya.

loading...

Feeds

Aher Ajak Ormas Peduli Sungai Citarum

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat, bersama Kodam III/Siliwangi melakukan sosialisasi gerakan Citarum Harum Bestari kepada sejumlah organisasi masyarakat (Ormas) se-Bandung …

DPRD Cimahi Godok Perda Parkir

Nilai Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi parkir di Kota Cimahi masih kurang. Dalam setahun, PAD yang didapat dari parkir …

Ini 10 Peserta Terbaik IndonesiaNEXT

  POJOKBANDUNG.com, BANDUNG– Telkomsel mengumumkan 10 peserta terbaik IndonesiaNEXT 2017 yang terpilih menjadi peserta terbaik nasional setelah melalui berbagai tahapan …