Bobotoh-Bonek Bersatu, Jaga Keamanan Semifinal dan Final Liga 2 di Bandung

Bonek dan Viking bersatu-padu mendukung Persebaya ketika melawan PSIS di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (15/11). (Chandra Satwika/Jawa Pos)

Bonek dan Viking bersatu-padu mendukung Persebaya ketika melawan PSIS di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (15/11). (Chandra Satwika/Jawa Pos)

POJOKBANDUNG.com- Tanggung jawab PT Liga Indonesia Baru (LIB) bukan hanya menyelenggarakan pertandingan semifinal dan final Liga 2 di Bandung pada 25 dan 28 November.

Mereka juga dituntut untuk bisa menjamin stabilitas keamanan di Kota Kembang tersebut.

Karena itu, operator terus melakukan konsolidasi dan koordinasi dengan semua stakeholder kontestan semifinal Liga 2. Chief Operating Officer (COO) PT LIB Tigorshalom Boboy mengungkapkan, pihaknya perlu melibatkan tim peserta untuk membicarakan masalah keamanan tersebut.

”Sebab, tanggung jawab keamanan di Bandung harus menjadi kewajiban bersama. Toh, mendapat izin bermain di Bandung ini saja sulitnya minta ampun,” kata Tigor.

”Jadi, kami sarankan kepada suporter dan juga para petinggi klub agar sama-sama bisa menjaga keamanan selama semifinal dan final,” ucap dia.

Tigor menambahkan, pihaknya juga menyediakan beberapa titik kumpul para suporter di sekitar Stadion Gelora Bandung Lautan Api. ”Tapi, dengan memfasilitasi semua itu dan masih ada kericuhan yang melibatkan suporter di Bandung bisa jadi laga semifinal dan final kami gelar tanpa penonton,” ujar Tigor.

Agar sanksi tanpa penonton itu benar-benar tidak diterapkan, Tigor berharap para pentolan suporter tim peserta bisa ikut menjaga ketertiban anggota. ”Sebab, yang kami khawatirkan adalah suporter siluman yang masih berkeliaran dan mencoba memanfaatkan situasi semifinal dan final,” kata Tigor.

Sementara itu, Budi Bram, panitia pelaksana (panpel) pertandingan Persib Bandung, mengakui telah berkoordinasi dengan operator untuk memastikan dua babak krusial tersebut berjalan lancar. ”Semua sudah siap untuk digelar,” ucap Bram terkait dengan persiapan babak semifinal dan final.

Rudi Boseng, salah seorang pentolan Bobotoh, mengatakan, dirinya dan beberapa rekan juga sudah bekerja maksimal untuk menguatkan semua simpul suporter di Bandung. ”Kami sudah berkomitmen untuk bekerja sama dengan Bonek menjaga keamanan di Bandung, juga untuk mendukung Persebaya di tribun,” ucapnya.

(ben/c11/ham/jpg/pojokbandung)

loading...

Feeds