Liga 1 2017 Tuntas, Persib Harus Bayar Denda Nyaris Rp 500 Juta

Manajer Persib Bandung Umuh Muchtar meminta pemainnya untuk keluar lapangan (aksi WO) saat menghadapi Persija Jakarta di Stadion Manahan Solo, Jumat (31/11). Foto: Iswara Bagus/Radar Solo

Manajer Persib Bandung Umuh Muchtar meminta pemainnya untuk keluar lapangan (aksi WO) saat menghadapi Persija Jakarta di Stadion Manahan Solo, Jumat (31/11). Foto: Iswara Bagus/Radar Solo

POJOKBANDUNG.com, PERSIB– Liga 1 2017 menghadirkan Bhayangkara FC sebagai juara. Namun, kompetisi kasta tertinggi di Tanah Air tahun ini masih menyisakan sejumlah sanksi Komisi Disiplin (Komdis) PSSI.

Persib Bandung menjadi salah satu klub yang harus menerima sanksi, buntut tiga jenis keputusan pelanggaran disiplin.

Sanksi pertama untuk Persib diberikan Komdis usai menolak melanjutkan pertandingan pada laga kontra Persija Jakarta di Stadion Manahan, Solo 3 November lalu.

Persib mendapatkan sanksi kalah 0-3 dalam laga yang berakhir 0-1 untuk kemenangan Persija itu. Tak hanya sanksi kekalahan, dalam surat keputusan bernomor 123/L1/SK/KD-PSSI/XI/2017, tim Maung Bandung juga harus membayar denda Rp 200 juta untuk pelanggaran berat tersebut.

“Tidak (degradasi), dia (Persib) kalah, tadinya kalah 0-1 jadi 0-3,” kata Tigor Shalom Boboy, Chief Operation Officer PT Liga Indonesia Baru (LIB) saat dihubungi wartawan, Kamis (23/11).

Tigor mengatakan sanksi tersebut juga tak akan mempengaruhi posisi akhir di klasemen akhir Liga. Menurutnya, tim Persib harus membayar denda yang telah ditetapkan. “Itu bisa dicek langsung ke official tim saja. Karena putusannya sudah masuk ke mereka,” ujarnya.

Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB) Zaenuri Hasyim mengaku belum mengetahui sanksi tersebut. “Berita darimana itu? Saya belum tahu,” katanya.

Selain hukuman di atas, hukuman kedua untuk Persib dijatuhkan atas pelanggaran penyalaan flare oleh suporter yang juga masuk ke lapangan dan merusak properti stadion saat menjamu Perseru Serui, pada pekan terakhir Liga 1, Minggu (12/11). Kala itu suporter marah dan tak bisa menerima kenyataan Persib kalah 0-2 dari Perseru di pertandingan terakhir mereka.

loading...

Feeds