Tanggul Jebol, 12 Desa di Rancaekek Kebanjiran

Petugas melakukan evakuasi warga yang rumahnya terendam banjir.

Petugas melakukan evakuasi warga yang rumahnya terendam banjir.

POJOKBANDUNG..com, RANCAEKEK- Tanggul sungai di Sumedang jebol mengakibatkan 12 desa di wilayah Kecamatan Rancaekek Kab Bandung terendam banjir sejak Selasa (21/11) malam.

Camat Rancaekek, Baban Banjar mengungkapkan, Rancaekek memang dilalui tiga sungai dari Kab Sumedang; Sungai Cikeruh, Cikijing dan Citarik.

“Kemarin malam genangan air di beberapa daerah ada yang sampai 1,5 meter. Banjir merendam 12 desa.  Tapi yang masih ada genangan hingga hari ini (Rabu 22/11) di lima desa, yakni di Desa Linggar, Bojongloa, Bojongpuls, Jelekong dan Sukamanah. Kalau di desa lainnya sejak pagi tadi juga sudah surut lagi. Cuma memang sekarang kan hujan lagi, kami khawatir ada banjir susulan,” kata Baban, Rabu (22/11).

Baban menuturkan, rumah warga di lima desa yang masih digenangi air dengan ketinggian 50 hingga 70 sentimeter.

Namun ada juga yang telah mengungsi ke rumah sanak saudara mereka yang tak jauh dari lokasi banjir. Sedangkan warga yang berada di desa lainya yang telah surut, mulai melakukan bersih bersih sisa genangan air dan lumpur.

“Memang banjir kali bisa dikatakan parah, sampai ke Kelurahan Kencana higga ke stasiun kereta api kena banjir. Kami harap tidak ada banjir susulan yang bisa saja lebih parah,” harap dia.

“Kami juga sudah melaporkan (kejadian banjir) kepada Dinas Sosial dan BPBD Kabupaten Bandung. Dari kedua instansi itu juga sudah turun ke sini sejak semalam sampai saat ini masih memonitor kondisi lapangan,” ucapnya.

(apt)

loading...

Feeds

Aher Ajak Ormas Peduli Sungai Citarum

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat, bersama Kodam III/Siliwangi melakukan sosialisasi gerakan Citarum Harum Bestari kepada sejumlah organisasi masyarakat (Ormas) se-Bandung …

DPRD Cimahi Godok Perda Parkir

Nilai Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi parkir di Kota Cimahi masih kurang. Dalam setahun, PAD yang didapat dari parkir …

Ini 10 Peserta Terbaik IndonesiaNEXT

  POJOKBANDUNG.com, BANDUNG– Telkomsel mengumumkan 10 peserta terbaik IndonesiaNEXT 2017 yang terpilih menjadi peserta terbaik nasional setelah melalui berbagai tahapan …