DPRD Jabar Apresiasi Usulan DOB Garsel

Anggota Komisi I DPRD Jabar, Dedi Hasan Bahtiar. Foto: jabarprov.go.id

Anggota Komisi I DPRD Jabar, Dedi Hasan Bahtiar. Foto: jabarprov.go.id

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kabupaten Garut memiliki wilayah luas dengan 42 kecamatan. Namun PAD dan APBD-nya termasuk katagori kecil.

Anggota Komisi I DPRD Jabar, Dedi Hasan Bahtiar, mengatakan pemerintahan ke depan harus mampu melakukan ektensifikasi dan intensifikasi terhadap potensi pendapatan daerah Garut.

Ia mencontohkan, potensi kepariwisataan Garut cukup besar, namun belum menjadi maksimal dimanfaatkan sebagai penyumbang PAD. Memang beberapa objek wisata di Garut berada di lahan Perhutani, untuk itu perlu dilakukan pendekatan lagi, dan juga tentunya tidak mudah mengeluarkan IMB atau izin prinsip.

“Harus jelas dulu kontribusinya terhadap pemerintah daerah (PAD). Selain itu, Garut merupakan penghasil pertanian,” ujar Dedi Hasan Bahtiar saat ditemui di ruang kerja fraksi PDIP DPRD Jabar, Jalan Diponogoro, Bandung, Senin (20/11/2017) lalu.

Ia juga menggapi tuntutan masyarakat Garut selatan (Garsel) yang ingin mengajukan daerah otonomi baru (DOB). Menurut DHB, tuntutan masyarakat Garsel itu cukup wajar, dan tidak jadi masalah.

“Kan tujuan DOB itu untuk mempercepat akselerasi pembangunan manusia (SDM), infrastruktur, pelayanan public semakin baik, pendidikan, kesehatan dan perkonomian dan dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran bagi warga, sehingga perlu kita dukung sepenuh hati,” tegasnya.

Lebih lanjut, Wakil Ketua Fraksi PDIP DPRD Jawa Barat ini mengatakan, anggota DPRD Jabar dari Dapil kab/kota Tasikmalaya dan Kab Garut ada sebanyak 11 orang.

“Saya merupakan salah satunya dari PDIP. Sebagai anggota DPRD Jabar, tentunya kami berjuang maksimal agar Daerah Pilihan (Dapil) mendapatkan alokasi anggaran dari APBD Jabar tiap tahun meningkat,” katanya.

Ia bersyukur, setiap tahun anggaran bantuan gubernur untuk Kab Garut terus meningkat.

“Hal ini karena prinsip dan niat kita sama yaitu ingin memajukan Kabupaten Garut lebih maju lebih sejahtera dan lebih berdaya guna lagi,” tandasnya.

(***)

loading...

Feeds