Ingin Jadi Cagub Independen di Jabar? Cari Dulu 2,1 Juta Pendukung

Ketua KPU Jabar, Yayat Hidayat

Ketua KPU Jabar, Yayat Hidayat

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat membuka pendaftaran bakal calon gubernur/wakil gubernur Jabar pada 22-26 November 2017 mendatang untuk jalur perseorangan.

Salah satu syarat yang harus dipenuhi setiap kandidat adalah menyerahkan berkas dukungan minimal 2.132.470 salinan e-KTP atau surat keterangan (suket) yang tersebar di lebih 14 Kab/Kota di Jabar.

BACA JUGA:

Satu Lagi Bakal Calon Independen, Siap Ramaikan Pilgub Jabar

Pilgub Jabar 2018 Diprediksi Tak Ada Calon Independen

Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat menyatakan pendaftaran kandidat pasangan calon independen dilakukan lebih awal dibandingkan kandidat dari jalur partai politik. Alasannya, untuk jalur perseorangan dibutuhkan verifikasi faktual.

“Penerimaan berkas dukungan dilakukan di Kantor KPU Jabar, Jalan Garut Nomor 11, Kota Bandung, mulai pukul 08.00-16.00 WIB,” terangnya, Selasa (21/11/2017).

Pilgub Jabar 2018, Bagaimana Peluang Calon Independen?

Untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan dalam verifikasi faktual berkas dukungan kandidat pasangan calon independen, KPU Jabar menggelar Simulasi Penerimaan Berkas Dukungan Calon Perseorangan.

“Karena kami sangat menyadari persyaratan (berkas dukungan) calon perseorangan di Jabar sangat besar, bahkan paling besar dibandingkan provinsi lain,” katanya.

Menurut Yayat, simulasi penting dilakukan karena verifikasi faktual berkas dukungan kandidat paslon independen harus melalui mekanisme yang ketat, efektif dan efisien. Selain itu, diperlukan juga pemahaman yang sama antara pihak kandidat paslon independen dan KPU sendiri.

“Kita juga sengaja undang perwakilan dari 27 kabupaten/kota masing-masing 10 orang, total 270 orang. Mereka nantinya akan bersiaga untuk melakukan penghitungan (berkas dukungan) secara cepat dan akurat,” terang Yayat.

loading...

Feeds