Pemkot Bakal Bangun Terminal di Cimahi Selatan

Suasana lalulintas di bawah flyover Cimindi.

Suasana lalulintas di bawah flyover Cimindi.

POJOKBANDUNG.com – Untuk membangun sub terminal di wilayah Cimahi Selatan, Pemerintah Kota Cimahi akan bebaskan lahan di daerah Rw 06 Kelurahan Cibeber.

Di area lahan yang memiliki 750 hingga 1.000 meter itu, terdapat dua kepala keluarga (KK) yang sisanya adalah lahan kosong.

Kepala Bidang Angkutan dan Penerangan Jalan Umum Dinas Pehubungan Kota Cimahi, Endang menyebutkan, pihaknya menargetkan pembebasan lahan untuk pembuatan terminal di Cibeber tuntas 2017 ini. Anggara yang dialokasikan Rp 2 miliar.

“Untuk pembayaran nantinya disesuaikan dengan luas dan kesepakatan harga per meternya,” Kata Endang, kemarin.

Baca Juga:

Untuk Biaya Lampu Saja Pemkot Cimahi Butuh Dana Segini

Pemkot Cimahi Kesulitan Revitalisasi Stadion Sangkuriang

Pembuatan terminal Cibeber, terang dia, tujuannya untuk memfasilitasi angkutan umum atau angkot trayek. Ada pun angkutan umum yang berada di kawasan tersebut di antaranya, jurusan Cimahi-Leuwigajah-Cibeber dan trayek Cimahi-Contong-Cibeber.

“Diharapakan kalau terminal ini terealisasi maka, arus lalu lintas akan lancar dan tertib. Tentunya pemerintah ingin membuat terminal yang bisa mengakomodir tersedianya sarana dan prasarana penunjang seperti WC dan lainnya,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Cimahi, Tata Wikanta menambakan, apabila pembebasan lahan selesai tahun 2017 ini, kemungkinan 2018 akan langsung ke tahapan pembangunan fisik.

“Demi kepentingan bersama tentunya kita juga ingin terminal tipe C ini terealisasi,” katanya.

Baca Juga:

BPJS Kesehatan Cabang Cimahi Jalin Kerjasama dengan BPPK Wilayah IV Jabar

Pencemaran Udara Akibat Emisi Kendaraan di Cimahi Tinggi

Saat ini, Kota Cimahi baru memiliki terminal Cimindi, Pasar Atas dan Pasar Antri. Keselurahan terminal tersebut merupakan terminal tipe C atau subterminal. Dengan demikian, apabila rencana pembangunan terminal di wilayah Cibeber, maka Cimahi akan mempunyai sebayak 4 sub terminal.

Dia melanjutkan, dalam waktu yang singkat ini, jika ingin sub terminal dibangun harus secepatnya dilakukan sosialisasi terkait rencana pembebasan lahan dan pembuatan terminal Cibeber.

“Jadi, jangan sampai ada yang merasa dirugikan baik dari pemerintah maupun masyarakat,” pungkasnya.

(gat)

 

loading...

Feeds