Berobat Nyaman dengan JKN-KIS Asalkan Sesuai Prosedur

Wida Yuningsih, peserta BPJS Kesehatan Cimahi (kanan)

Wida Yuningsih, peserta BPJS Kesehatan Cimahi (kanan)

POJOKBANDUNG.com – Wida Yuningsih (28), merupakan seorang ibu rumah tangga yang telah merasakan manfaat sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Wida telah terdaftar sebagai peserta program JKN-KIS yang dikelola BPJS Kesehatan sejak 2014. Wida mengungkapkan, dirinya tidak mengalami kesulitan ketika melakukan pendaftaran peserta JKN-KIS, bahkan saat ini seluruh anggota keluarganya juga telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS.

Sejak terdaftar sebagai peserta JKN-KIS, perempuan beralamat di Padasuka, Kota Cimahi yang terdaftar sebagai peserta JKN-KIS dengan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) di Puskesmas Padasuka ini, telah beberapa kali menggunakan kartu JKN-KIS miliknya.

Baca Juga:

BPJS Kesehatan Membantu Pembiayaan yang Membengkak Saat Sakit

Operasi Jantung Menggunakan BPJS Kesehatan, Lancar, Mudah dan Nyaman

Ia masih ingat awal pertama menggunakan kartu JKN-KIS untuk tindakan operasi kelenjar getah bening di Rumah Sakit Dustira Cimahi, September 2014.

Kelenjar getah bening merupakan bagian dari sistem imun dalam tubuh yang terdapat di bagian bawah rahang, ketiak, dan pangkal paha. Kelenjar getah bening juga mempunyai peran menangkal dan melawan bakteri, infeksi, dan virus yang menyerang tubuh.

Namun jika getah bening dalam tubuh seseorang mengalami pembesaran atau pembengkakan, justru inilah yang bisa menyebabkan kondisi kesehatan seseorang menurun dan bisa beresiko terhadap munculnya penyakit.

Karena yang diderita Wida tergolong parah dan bersifat mematikan, maka ia divonis harus menjalani operasi di serta rawat inap di rumah sakit.

“Selama menggunakan kartu JKN-KIS untuk melakukan pengobatan, saya tidak pernah mengalami hambatan. Justru saya memperoleh pelayanan yang sangat baik. Di samping itu tidak ada iur biaya yang dikenakan. Dari segi fasilitas kesehatan tempat berobat juga sangat memadai dan membuat saya merasa nyaman,” tutur Wida.

Terakhir kali Wida menggunakan kartu JKN-KIS miliknya untuk melakukan tindakan persalinan anak pertamanya di Rumah Sakit Hasan Sadikin Kota Bandung, September 2016, setelah sebelumnya mendapatkan rujukan dari RS Dustira Cimahi.

Baca Juga:

Mulai Rasakan Manfaat Kepesertaan BPJS Kesehatan

Dukung BPJS Kesehatan, Dinkes Bandung Barat Gencar Kampanyekan PHBS dan Germas

“Lagi dan lagi saya sangat bersyukur dengan adanya program JKN-KIS ini, saya sangat terbantu oleh program ini. Baik itu sejak pemeriksaan sampai dengan tindakan persalinan di rumah sakit, asalkan sesuai prosedur pasti semuanya baik dan lancar” ungkap Wida.

Wida mengatakan, program luar biasa tersebut sangat membantunya. Ia berharap kualitasnya dapat terus ditingkatkan agar masyarakat semakin puas dan nyaman berobat menggunakan BPJS Kesehatan.
Ia yang telah merasakan banyak manfaat dari program JKN-KIS berharap kesadaran masyarakat terus meningkat untuk bergotong rotong rutin membayar iuran setiap bulan.

Ia pun mengajak masyarakat yang belum mendaftar agar segera mendaftarkan dirinya dalam program JKN-KIS.

(ca/pojokbandung)

loading...

Feeds