BPJS Ketenagakerjaan Akuisisi Tenaga Kerja KTH PAL 16

Kelompok Tani Hutan (KTH) di kawasan PAL 16 Cikole, Lembang, Bandung Barat, menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan

Kelompok Tani Hutan (KTH) di kawasan PAL 16 Cikole, Lembang, Bandung Barat, menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan

POJOKBANDUNG.com – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Kantor Cabang Cimahi dan Kantor Cabang Perintis Padalarang, terus melakukan serangkaian kegiatan untuk meningkatkan kepesertaan Bukan Penerima Upah (BPU).

Kali ini, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Cimahi dan KCP Padalarang melakukan kegiatan sosialisasi serta akuisisi terhadap tenaga kerja informal Kelompok Tani Hutan (KTH) di kawasan PAL 16 Cikole, Lembang, Bandung Barat, Minggu (12/11/2017).

Dalam kegiatan yang bertajuk “Jumpa Kangen Fans Mthree FM Dalam Rangka Peringatan Hari Pahlawan & Sosialisasi Manfaat Program BPJS Ketenagakerjaan” tersebut, turut hadir Kepala KCP BPJS Ketenagakerjaan Padalarang.

Juga, Ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Cikole, Ketua Jaringan Radio Komunitas (JRK) Jabar, dan Ketua Radio Komunitas (Rakom) Mthree FM.

Baca Juga:

BPJS Ketenagakerjaan Berpartisipasi dalam Ekspedisi NKRI 2017 Koridor Papua Bagian Selatan

BPJS Ketenagakerjaan Proteksi Ojek Online

Tidak kurang dari 462 orang juga turut hadir dalam kegiatan tersebut, sebanyak 120 orang di antaranya tergabung dalam KTH PAL 16 yang langsung mendaftarkan diri sebagai peserta BPU BPJS Ketenagakerjaan.

“Saat ini anggota kami tidak mempunyai jaminan serta kepastian terhadap masa depannya. Dengan hadirnya program BPU BPJS Ketenagakerjaan kami berharap hal ini dapat memberikan ketenangan serta kenyamanan bagi anggota kami dalam bekerja, serta kepastian untuk masa depan mereka,” ujar Wawan selaku Ketua LMDH Cikole, Lembang.

Kepala KCP BPJS Ketenagakerjaaan Padalarang, Yogie Adam, menyampaikan bahwa saat ini masih banyak tenaga kerja informal yang belum mengetahui program BPU BPJS Ketenagakerjaan.

“Ini adalah program pemerintah yang harus di jalankan. Sebagai Badan Penyelenggara, kami berkewajiban untuk terus menerus memberikan informasi terkait program BPU serta manfaatnya. Alhamdulillah hari ini tenaga kerja KTH yang berada di PAL 16 telah mendaftarkan seluruh anggotanya dalam program BPU BPJS Ketenagakerjaan,” kata Yogie Adam.

Baca Juga:

BPJS Ketenagakerjaan Serahkan Santunan kepada Korban Kecelakaan Kerja

Puskesmas di Kabupaten Bandung Bisa Layani Pasien Kecelakaan Kerja Peserta BPJS Ketenagakerjaan

BPU merupakan program BPJS Ketenagakerjaan yang dikhususkan untuk tenaga kerja informal atau mandiri. Tenaga kerja informal seperti petani, pedagang, driver ojek, dll, dapat mengikuti tiga program BPJS Ketenagakerjaan, yaitu Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), dan Jaminan Kematian (JKM).

Ketiga program tersebut adalah program perlindungan dasar bagi pekerja di Indonesia untuk memberikan rasa nyaman dan kepastian dalam bekerja.

(sol)

loading...

Feeds