Nah, Ini Olahraga yang Ampuh Atasi Sakit Kepala

ilustrasi olahraga jalan kaki. Foto: Vemale

ilustrasi olahraga jalan kaki. Foto: Vemale

POJOKBANDUNG.com – Sakit kepala pasti sangat menjengkelkan, terlebih di saat kita sedang bekerja. Jalan pintas mengatasi sakit kepala biasanya minum obat. Namun membiasakan minum obat sakit kepala, tidak baik bagi kesehatan jangka panjang.

Tapi, mungkin Anda pernah mendengar ada olahraga yang bisa meredakan sakit kepala. Meskipun olahraga kadang justru menjadi pemicu sakit kepala.

Sebenarnya olahraga merupakan pilihan tepat. Bisa jadi jenis olahraga yang mungkin keliru dan tidak sesuai dengan keluhan Anda.

Untuk sakit kepala, terutama yang termasuk tension-type, olahraga yang terlalu berat memang bisa memicu keluhan.

Baca Juga:

Ini Sebabnya Kopi Tubruk Lebih Sehat dari Kopi Instan

Sering Menunda Buang Air Kecil? Hentikan dari Sekarang. Jika Tidak….

Agar sakit kepala tipe ini mereda, Anda bisa memilih tipe olahraga yang dapat mengurangi stres dan meregangkan otot yang kaku. Stres dan otot yang kaku merupakan dua penyebab utama sakit kepala tension-type.

Yoga dapat menjadi pilihan tepat, karena berfokus pada relaksasi, pengaturan nafas, dan peregangan tubuh. Kombinasi ketenangan dengan peregangan leher dan tulang belakang dapat membantu melepaskan stres, serta memperbaiki postur tubuh setelah seharian bekerja.

Ketegangan di leher akan berangsur hilang dan meredakan sakit kepala.

Jika tidak terlalu menyukai olahraga yoga, Anda bisa melakukan olahraga kardio ringan. Joging di atas treadmill atau berjalan santai mengelilingi taman dapat menjadi pilihan.

Olahraga kardio akan membuat pernapasan menjadi lebih baik dan sirkulasi darah menjadi lancar. Anda dapat melakukan peregangan pada leher dan tulang belakang di sela-sela olahraga kardio ini.

Saat melakukan olahraga untuk mengatasi sakit kepala, yang terpenting adalah mempersiapkan dan melakukan olahraga tersebut dengan benar.

Berikut hal-hal yang perlu Anda perhatikan sebelum melakukan olahraga untuk mengatasi sakit kepala:

  1. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh sebelum, selama, dan setelah berolahraga. Pastikan mulut tidak terasa kering dan Anda berkeringat sesuai intensitas olahraga.

Jika mulai merasa haus, Anda perlu segera minum. Jangan sampai kekurangan cairan, karena dapat memicu sakit kepala terutama migrain. Tidak berkeringat saat sedang berolahraga dengan intensitas sedang juga merupakan tanda dehidrasi.

Baca Juga:

Rugi Besar Deh bagi yang Tidak Suka Makan Sayur Brokoli

Pesan Nabi, Jangan Minum Sambil Berdiri. Ternyata Ini Bahayanya

  1. Makan secukupnya setidaknya satu setengah jam sebelum olahraga. Olahraga akan menurunkan kadar gula dalam darah, sehingga penting untuk memasok sumber energi sebelum mulai olahraga.

Jangan makan terlalu dekat dengan waktu olahraga, karena bisa menyebabkan kram perut.

  1. Melakukan pemanasan. Olahraga secara tiba-tiba, tanpa pemanasan, bisa memicu sakit kepala.

Olahraga dengan rutin memang bisa membantu mengatasi sakit kepala untuk jangka panjang. Namun untuk mengatasi sakit kepala dengan cepat, Anda bisa mengonsumsi obat pereda dengan derajat ringan sampai berat seperti metampyrone.

Anda juga bisa memilih obat dengan tambahan trimethylxanthine agar tubuh terasa lebih segar dan bebas beraktivitas.

(BA/RH/klikdokter)

loading...

Feeds

Sandrina Pukau Warga Cianjur

‎Tahun ini Napak Jagat Pasundan (NJP) mengusung tema 'Keur Balarea', ada banyak konsep baru dan unik dalam pengemasannya dibandingkan tahun …