Ini Fakta dan Fiksi pada Foto Presiden Jokowi Makan Babi

HOAX: Hasil olah digital dua foto ini disebarkan para pembuat hoax. (Facebook)

HOAX: Hasil olah digital dua foto ini disebarkan para pembuat hoax. (Facebook)

POJOKBANDUNG.com – Pengelola akun Facebook Andre Sopyan tergolong nekat. Sebab, akun yang diduga bot itu Rabu (1/11/2017) mengunggah foto hasil olah digital yang memfitnah Presiden Joko Widodo.

Dalam foto rekayasa tersebut, Jokowi digambarkan sedang makan babi.

Jawa Pos (grup pojokbandung.com) tak ingin sekadar menyajikan berita bahwa foto itu hoax. Kami berupaya mencari asal usul foto yang digunakan sebagai bahan olah digital.

Ternyata foto babi panggang yang seolah sedang disantap Jokowi tersebut berasal dari Inggris. Anda bisa menemukannya di situs stock foto, vector, video Alamy.com.

Baca Juga:

Undangan Panglima TNI 30 September Kumpul di Monas, Hoax!

Soal SK Dukungan dari Golkar, Ridwan Kamil Curiga Hoax

Judul fotonya Hog Spit Roast on Barbecue with A Pig’s Head in Foreground. Ya, foto itu memang menggambarkan babi yang dipanggang utuh. Kepalanya terpotong, tapi masih ditaruh di tempat pemanggangan.

Kontributor foto tersebut adalah Mark Wiener. Foto itu diambil pada 28 Juli 2012.

Tapi, kami menduga si pembuat foto hoax Jokowi makan babi tak mengambil gambar dari Alamy.com. Sebab, foto yang ada di Alamy masih dalam kondisi di-watermark.

Rasanya tidak mungkin si pembuat hoax itu rela mengeluarkan uang USD 19 untuk membeli foto tersebut.

Lantas, dari mana si pembuat hoax mendapatkan foto babi panggang itu? Mungkin dia memperoleh dari portal berita Daily Mail. Pada 3 Agustus 2014 media asal Inggris itu pernah menggunakan foto babi panggang yang mirip di Alamy.

Foto itu digunakan untuk ilustrasi berita tentang protesnya pegawai BBC yang muslim karena adanya pesta babi panggang di kantor mereka untuk merayakan Commonwealth Games.

Di Daily Mail, watermark-nya sudah tidak ada. Bisa langsung di-save dan digunakan untuk olah digital.

Satu foto lagi yang akan kita bahas adalah gambar Jokowi yang sedang menggigit sesuatu yang mirip sate.

Dalam gambar itu, Jokowi menggunakan baju kotak-kotak. Foto tersebut diambil ketika Jokowi masih menjadi gubernur DKI Jakarta.

Saat itu dia datang ke Ponorogo untuk menjadi juru kampanye pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur 2013 dari PDIP Bambang D.H. dan Said Abdullah.

Dua foto itulah yang kemudian digabungkan seolah-olah Jokowi sedang makan sate di depan babi panggang. Dua foto tersebut disatukan dengan tambahan gambar api dari arang yang membakar tubuh babi.

Baca Juga:

Pernah Hoax, Dukungan Golkar ke Ridwan Kamil-Daniel Muttaqien Kini Resmi

Foto-Foto Banjir Pangandaran yang Beredar di Medsos Ini Hoax

Andre Sopyan dalam posting-annya memang tidak menuduh Jokowi sedang makan babi. Dia hanya menulis, ”Cuman mau nanya, ada yg tau gak ini foto siapa?”.

Meski tidak menyebut secara langsung, foto yang disebar Andre Sopyan di grup Facebook ”Halaman Jokowi dan Barisan Oposisi” tetap layak disebut fitnah.

Jokowi memang kerap diserang isu memakan babi. Sebelumnya mantan wali kota Solo itu diisukan memakan babi ketika menghadiri acara bakar batu di Papua. Padahal, untuk Jokowi, saat itu disediakan bakar batu khusus yang isinya sayur, ubi, dan daging ayam.

Fakta dari foto Jokowi makan babi ialah hasil editan atau olah digital yang bersumber dari dua foto berbeda. Satu foto babi panggang dari luar negeri, satu lagi foto Jokowi makan sate di Ponorogo.

(gun/eko/c10/fat/jpg)

loading...

Feeds