Ternyata, Mencegah Kanker Payudara Bisa Dilakukan dengan Langkah Sederhana Ini

payudara. Ilustrasi (AFP)

payudara. Ilustrasi (AFP)

POJOKBANDUNG.com – Payudara adalah aset bagi kaum hawa. Salah satu penyakit mematikan yang mengintai kaum hawa ialah kanker payudara. Perlu pencegahan dini terhadap penyakit ini.

Selain benjolan, ada beberapa tanda atau ciri-ciri yang jelas adanya kanker pada payudara. Rasa sakit, kelainan, ruam dan pembengkakan.

Sebelum sampai kepada tahap ini, ada banyak cara untuk mencegah kanker payudara sejak dini. Dalam keterangan tertulis hellosehat.com disebutkan, cara paling mudah ialah denga mencegah kegemukan dan melakukan gaya hidup sehat.

Baca Juga:

Dampak Main Game Seharian di HP, Perempuan Ini Buta

Agar Depresi Tak Berujung Tragis, Lakukan Tips Berikut Ini

Faktor risiko kanker payudara seperti riwayat keluarga dan genetik memang tidak bisa diubah. Namun, melakukan perubahan sederhana terkait gaya hidup sedikit banyak bisa menurunkan risiko terkena penyakit fatal ini.

1. Periksa sendiri

Pemeriksaan payudara sendiri secara rutin merupakan kunci utama untuk menyadari ada tidaknya perubahan pada bentuk payudara guna mencegah terkena kanker.

2. Mengonsumsi Makanan Sehat

Menerapkan pola makan yang sehat dengan memperhatikan asupan nutrisi dan gizi seimbang adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.

3. Mengontrol Berat Badan

Nyatanya, perempuan yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas setelah menopause akan meningkatkan risiko terkena penyakit kanker.

4. Aktif Berolahraga

Aktivitas fisik dapat membantu mengontrol kenaikan berat badan. Luangkanlah waktu setidaknya 150 menit per minggu untuk melakukan olahraga dengan intensitas sedang secara rutin. Caranya bisa melakukan olahraga dengan intensitas sedang seperti jogging, bersepeda, atau jalan cepat.

5. Berhenti Merokok

Sudah banyak beragam penelitian menyebutkan jika berhenti merokok adalah cara paling mudah untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan, termasuk untuk mencegah risiko terkena penyakit kanker.

loading...

Feeds