Ini Sebabnya Kopi Tubruk Lebih Sehat dari Kopi Instan

lustrasi. Foto: Meetdoctor.com

lustrasi. Foto: Meetdoctor.com

POJOKBANDUNG.com – Bagi pecandu kopi, minum secangkir kopi menjadi kewajiban yang pantang dilewatkan setiap harinya.

Kesibukan yang tinggi dan aktivitas padat mungkin membuat banyak orang, termasuk Anda, tak punya banyak waktu untuk menikmati minum kopi bikinan sendiri (kopi tubruk).

Akhirnya, kopi instan kemasan sachet, sering menjadi pilihan. Selain mudah penyiapannya, kopi instan juga relatif murah.

Tapi ingat, sesuatu yang instan hampir pasti memiliki dampak yang kurang baik. Lantas apakah hal ini juga berlaku untuk kopi instan? Benarkah minuman ini bisa mengancam kesehatan?

Baca Juga:

Menurut Penelitian, Ini Bahaya Kerja Pagi-pagi

Anda Sering Pegal atau Nyeri Leher? Begini Solusinya

Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yang dimaksud dengan kopi instan adalah produk kering mudah larut dalam air, dengan kandungan kafein tidak kurang dari 2 persen, dan tidak lebih dari 8 persen.

Jenis kopi ini diperoleh seluruhnya dengan cara mengekstrak dengan air dari biji kopi yang telah disangrai. Lalu bagaimana dengan kandungannya?

Pada beberapa merek kopi instan, ditemukan kandungan akrilamida yang sangat tinggi. Akrilamida adalah senyawa beracun yang melalui beberapa penelitian telah terbukti menyebabkan kanker pada hewan.

Menurut Food and Drug Administration (FDA), akrilamida juga bisa menyebabkan kerusakan saraf.

Pada beberapa jenis makanan, senyawa ini dapat terbentuk secara alami saat mengalami pemanasan suhu tinggi.

Sejauh ini, peneliti belum menemukan dan belum mengetahui pasti bahaya senyawa beracun ini dalam makanan, namun penelitian masih terus dilakukan.

Mengutip Livestrong, senyawa ini nyatanya telah ditemukan dalam kemasan kopi instan yang beredar. Beberapa merek dan jenis kopi instan memiliki jumlah akrilamida yang sangat tinggi, dibandingkan dengan kopi bubuk.

loading...

Feeds