Sepelekan Olahraga Sama dengan Mengundang 7 Efek Berbahaya Ini, Antara Lain Gangguan Libido dan Otak

ilustrasi olahraga jalan kaki. Foto: Vemale

ilustrasi olahraga jalan kaki. Foto: Vemale

POJOKBANDUNG.com – Olahraga teratur punya peran penting dalam meningkatkan kesehatan, mobilitas dan stamina tubuh.

Dengan olahraga teratur, tubuh Anda akan lebih baik dalam menyerap vitamin, mineral, zat gizi lainnya dan juga oksigen dalam tubuh.

Namun, jika Anda menghentikan olahraga rutin, seluruh tubuh juga akan mengalami perubahan. Apa saja perubahan tersebut? Berikut penjelasannya, seperti dilansir laman Care2, Senin (9/10/2017).

  1. Tingkat insulin meningkat

Setelah seminggu tidak berolahraga, setiap individu mengalami penurunan sensitivitas terhadap insulin.

Karena itu, tubuh harus menciptakan insulin lebih dan lebih untuk melakukan pekerjaan yang sama.

Bila kadar insulin tinggi tidak digunakan lagi, maka hal ini bisa menyebabkan peradangan dan bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, obesitas dan diabetes.

Baca Juga:

Ini Dia Tips Memutihkan Gigi tanpa Efek Samping

Inilah Fakta Unik tentang Menyilangkan Kaki

  1. Masa otot akan berkurang

Setelah seminggu tidak aktif, massa otot Anda akan berkurang. Otot tertentu justru akan berubah bentuk, menjadi sejenis serat otot.

Padahal, mempertahankan massa otot sangat penting, terutama saat Anda menua.

  1. Berat badan meningkat.

Metabolisme Anda menderita saat berhenti berolahraga. Saat massa otot menurun, mereka kehilangan kapasitas untuk membakar lemak.

Dengan melakukan aktivitas ringan, Anda bisa mempertahankan kapasitas pembakaran lemak.

  1. Risiko tekanan darah

Pada hari-hari Anda tidak berolahraga, tekanan darah lebih tinggi daripada hari-hari Anda aktif.

Memperpanjang periode ketidakaktifan Anda dan kenaikan tekanan darah bisa meningkat ke tingkat yang tidak sehat.

Seiring waktu, hal ini menempatkan Anda pada risiko besar untuk penyakit kardiovaskular, serangan jantung dan stroke.

  1. Merasa lebih stres

Saat berolahraga, Anda melindungi diri dari efek berbahaya, seperti stres. Dengan menghentikan olahraga Anda, tubuh menjadi kurang efisien dalam mengatasi stres dan Anda lebih mudah merasa terbebani dan cemas.

Baca Juga:

10 Makanan Ini Sebaiknya Anda Hindari sebelum Berolahraga

Mau Setop Merokok tapi Kesulitan? Coba Cara Baru Ini

  1. Menganggu ‘aktivitas’ di tempat tidur

Tidak hanya olahraga saja yang membuat tidur lebih sulit, tapi juga hal ini memengaruhi aktivitas lain yang berhubungan dengan kamar tidur. Libido bisa meningkat dengan berolahraga, jadi masuk akal jika kurang olahraga mengganggu libido Anda.

  1. Menganggu kerja otak.

Olahraga mendorong pertumbuhan sel otak baru. Dengan tidak berolahraga, fungsi memori Anda kurang optimal dan mulai mengalami fokus yang buruk dan konsentrasi lemah.

(fny/jpnn)

loading...

Feeds