Pesan Bus di Kota Bandung Kini Cukup Lewat Aplikasi

Ilustrasi (instagram)

Ilustrasi (instagram)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) tentang penggunaan aplikasi di telepon genggam berbasis android dengan PT Ghanesa Media Nusantara.

MoU tersebut diperuntukkan dalam pembuatan aplikasi bagi masyarakat untuk mendapatkan jasa angkutan umum secara online.

Kepala Dishub Kota Bandung Didi Ruswandi menyebutkan, aplikasi diberi nama “move it” dan bisa diunduh di app store dan play store.

“Pada aplikasi ini kita (masyarakat yang hendak menggunakan transportasi umum) bisa memasukkan posisi dan tujuannya. Sehingga nanti akan muncul angkutan umum yang melewati jalur di posisi kita, baik angkutan kota (angkot), Trans Metro Bandung (TMB) dan Damri,” terang Didi.

“Nanti akan tertera juga angkutan umum apa saja yang lewat ke jalur itu, turun di mana. Jika memang naik angkutan umum dan harus ganti angkutan umum akan diberi keterangan harus naik angkutan umum apa lagi,” timpalnya.

Dalam aplikasi tersebut, akan ada pula panduan jalan tercepat menuju tempat tujuan. Sehingga masyarakat bisa memilih jalur sesuai kebutuhan.

Namun, untuk sekarang, Didi menjelaskan, baru TMB koridor 2 dengan jalur Cicaheum-Cibeureum dan TMB Koridor 3 dengan jalur Cicaheum-Sarijadi yang sudah dilengkapi GPS.

“Untuk angkot itu bergantung pengusaha angkotnya sendiri. Apa mereka mau membeli GPS atau membeli HP berbasis android, atau tidak. Kalau mau ya bisa terintegrasi,” katanya.

Dalam waktu dekat, terang Didi, pihaknya akan melengkapi seluruh TMB di seluruh koridor dengan fasilitas GPS. Layanan tersebut, kata Didi, untuk mengimbangi perkembangan dunia transportasi di Kota Bandung.

loading...

Feeds