Susah Tidur Nyenyak di Malam Hari, Ikuti Langkah Berikut Ini

Tidur. Ilustrasi (Pixabay.com)

Tidur. Ilustrasi (Pixabay.com)

POJOKBANDUNG.com – Banyak orang yang mengalami kesulitan tidur di malam hari. Meski sudah membolak-balikkan posisi tidur, namun mata sulit terpejam dan pikiran gelisah.

Hal ini bisa menyebabkan frustasi. Bahkan kurang jam tidur bisa membuat Anda merasa lelah dan suka marah-marah pada keesokan harinya.

Kurang tidur juga bisa menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, karena dianjurkan bagi orang dewasa untuk tidur berkualitas selama 7 jam pada malam hari.

Akan tetapi Anda yang sulit tidur malam hari, tak perlu khawatir. Sebab ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan tidur lebih cepat, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Berikut ini tipsnya, seperti dilansir laman MSN, Kamis (12/10/2017).

1. Mematikan semua perangkat gadget Anda

Alasan ilmiah untuk membuat perubahan ini adalah bahwa cahaya biru dari perangkat gadget Anda bisa mengganggu ritme sirkadian dan melatonin.

Banyak peneliti merekomendasikan mematikan gandget satu jam sebelum tidur, tapi jika tidak bisa, coba matikan gadget Anda setidaknya 20 menit sebelum kepala Anda menyentuh bantal.

2. Mandi

Bila Anda mandi dengan menggunakan air hangat dan langsung menuju ke dalam kamar tidur yang lebih dingin, maka penurunan suhu tubuh Anda akan mengirimkan sinyal ke tubuh sudah saatnya Anda beristirahat.

3. Membaca

Membaca buku bisa membantu Anda tertidur lebih cepat.

4. Jurnal

Memiliki jurnal bisa mengalihkan pikiran Anda dari keinginan menyentuh gadget di saat Anda tidak bisa tidur.

(fny/jpnn)

loading...

Feeds