Menyakitkan! Si “Total Football” Belanda Gagal Tembus Piala Dunia Rusia

Belanda hanya jadi penonton di Piala Dunia 2018 (AFP)

Belanda hanya jadi penonton di Piala Dunia 2018 (AFP)

POJOKBANDUNG.com – Tak ada senyum dan tak ada keceriaan dari para pemain timnas Belanda meski menang 2-0 atas Swedia, Rabu (11/10/2017) dini hari WIB.

Pada laga pamungkas Pra-Piala Dunia zona UEFA, De Oranje – julukan timnas Belanda, memang berhasil meraih kemenangan. Hanya saja, kemenangan itu tak membuat para pemain dan publik Belanda gembira.

Tiga poin dalam laga itu tak cukup untuk membawa Arjen Robben cs merebut tiket play-off untuk ke Piala Dunia 2018. Belanda dipastikan hanya jadi penonton dalam gelaran sepak bola paling akbar sejagat tersebut.

Ironis memang. Tim dengan segudang pemain berbakat harus absen di Piala Dunia. Rasanya hambar Piala Dunia tanpa De Oranje yang kental dengan mazhab sepak bola menyerang total football.

Runner-up Piala Dunia 2010 dan peringkat ketiga Piala Dunia 2014 seperti tak berbekas. Belanda kembali ke titik terendah dalam pencapaian timnas mereka.

Ini mengulang Pra-Piala Dunia 2002 saat mereka juga gagal lolos menuju Korea-Jepang. Total, Belanda 8 kali gagal tampil di Piala Dunia setelah kandas di Pra-Piala Dunia. Itu terjadi pada 1958, 1962, 1966, 1970, 1982, 1986, 2002, dan kini 2018.

Belanda sendiri sebenarnya 11 kali tak tampil di Piala Dunia. Namun, tiga kesempatan bukan karena gagal di Pra-Piala Dunia, melainkan absen lantaran sebab lain. Itu terjadi pada 1930 yang merupakan Piala Dunia edisi pertama, 1950, dan 1954.

Dua gol Arjen Robben pada menit 16 dan 40 membuat poin Belanda sama dengan Swedia yakni 19.

Tapi, dua gol itu belum cukup membawa De Oranje mengais asa lewat jalur play-off. Maklum saja, Belanda harus menang minimal 7-0 atas Swedia untuk bisa merebut tiket play-off. Sebuah misi yang sejak awal disebut Robben mustahil.

Swedia sendiri yang berhak tampil di play-off meski kalah di kandang Belanda. Mereka memiliki agresivitas yang lebih baik dari Robben cs.

Rasanya memang sulit membayangkan Piala Dunia tanpa Belanda. Tim yang selalu tampil atraktif itu menghilang di Rusia.

Penonton tak akan melihat agresivitas Belanda seperti yang ditunjukkan di Piala Dunia 2010 dan 2014. Kala itu, mereka benar-benar tampil trengginas dan mengundang decak kagum meski masih dijauhi Dewi Fortuna karena kembali gagal meraih juara.

So, apa pun itu harus diterima. Karena, itulah sepak bola. Tim bertabur bintang tetap bisa hanya jadi penonton.

Hasil Matchday Terakhir Grup A

Prancis 2-1 Belarusia

Luksemburg 1-1 Bulgaria

Belanda 2-0 Swedia

(epr/JPC)

loading...

Feeds

Pemkot Cimahi Segera Lakukan Rotasi

Rotasi dan Mutasi pejabat esselon di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi akan segera dilaksanakan. Hal tersebut dilakukan karena, kebutuhan organisasi.

Perda Kepemudaan Harus Diimplementasikan

Dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya di kalangan pemuda, Pemerintah Kota Cimahi sebaiknya mengimplementasikan Peraturan Daerah (Perda) Kepemudaan.

Pilgub, Peran Ulama-Ponpes Strategis

Pesantren tidak hanya sebagai tempat kaderisasi pembinaan, pencerahan para santri dalam melahirkan generasi muda Indonesia, tapi juga terdepan dalam perang …

Skuat Persib Bakal Pergi ke Tasik

Gomez mengatakan, Persib Bandung memiliki lapangan yang  bagus (GBLA). Namun karena cuaca tidak mendukung tim pun hanya latihan selama 50 …