Agar Depresi Tak Berujung Tragis, Lakukan Tips Berikut Ini

Ilustrasi: Seorang wanita sedang berolahraga. Foto: women healthy

Ilustrasi: Seorang wanita sedang berolahraga. Foto: women healthy

POJOKBANDUNG.com – Akhir-akhir ini ramai diberitakan kasus bunuh diri yang pemicunya depresi. Fenomena ini tak lepas dari dasar manusia yang tidak akan pernah lepas dari masalah.

Masalah bisa muncul dari pekerjaan, pendidikan, ekonomi, rumah tangga, pasangan, dan lainnya. Sederet hal ini bisa memicu timbulnya stres hingga depresi, yang tentunya menganggu kualitas hidup secara menyeluruh.

Depresi ditandai oleh perasaan sedih, murung, sering menangis, mengurung diri, tidak mau berinteraksi, dan malas beraktivitas.

Baca Juga:

Meski Kontroversial, Mungkin Ini Pelajaran yang Bisa Diambil dari Kiprah Bos ‘Playboy’

Sharp Juga Punya Smartphone, Bukan Cuma Jualan Kulkas

Pada tahap berat, kondisi ini bisa memicu timbulnya keinginan untuk bunuh diri. Supaya depresi tidak mengancam kesehatan atau keselamatan jiwa, berikut cara untuk mengusirnya seperti dilansir dari klikdokter:

1. Bersikap terbuka

Orang dengan kepribadian tertutup lebih mudah depresi. Ini karena menyimpan masalah sendiri akan terasa lebih berat. Karena itu, bersikaplah terbuka pada orang yang Anda percaya. Dengan bercerita pada orang terdekat, seperti orang tua, saudara, teman atau sahabat dekat, beban pikiran akan berkurang dan depresi tidak akan menyerang.

2. Menerapkan gaya hidup sehat

Tidur yang cukup, makan teratur, olahraga rutin, dan selalu berpikir positif bisa menjauhkan Anda dari depresi.

3. Lakukan hal yang Anda gemari

Melakukan hal yang digemari di waktu senggang merupakan salah satu cara praktis mengusir depresi. Gunakan waktu libur untuk melakukan hobi Anda, berjalan-jalan, santai sejenak, relaksasi atau hal-hal lain di luar aktivitas rutin. Ini akan membuat pikiran Anda lebih fresh.

4. Jauhkan diri dari pemicu konflik

Jika Anda mudah depresi, sebaiknya jauhkan diri dari hal-hal yang dapat memicu konflik dan pertengkaran. Misalnya, tidak ikut campur urusan orang lain, tidak membicarakan orang lain di belakang, tidak berhutang, tidak mencuri, tidak berbuat curang, tidak berbohong, dan tidak melakukan perbuatan buruk lainnya.

Baca Juga:

Awas, Ponsel Bisa 10 Kali Lebih Kotor dari Toilet

Susah Dapet Jodoh, Wanita Ini Menikahi Dirinya Sendiri

5. Seks yang teratur

Memenuhi kebutuhan seksual secara teratur dengan cara yang benar menjadi cara terbaik untuk mengusir stres dan depresi. Karena itu, lakukanlah seks secara teratur dengan suami atau istri Anda.

Kiat di atas sangat mudah untuk dilakukan, bukan? Cobalah untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, agar depresi tidak menyerang dan menganggu kualitas hidup Anda.

(NB/RH)

loading...

Feeds