Menjaga Kesehatan Jantung Sama dengan Melindungi Otak, Begini Penjelasannya

Penyakit jantung. Foto: Active One Group

Penyakit jantung. Foto: Active One Group

POJOKBANDUNG.com – Banyak hal yang harus dilakukan orang untuk kesehatan jantung, seperti berolahraga, makan dengan baik dan menghindari rokok.

Menjaga kesehatan jantung juga bisa membantu melindungi otak dari penurunan kognitif dan demensia. Hal ini menurut American Heart Association dan American Stroke Association .

Baik jantung dan otak membutuhkan aliran darah yang kuat, tapi pembuluh darah bisa menyempit dan mengeras seiring berjalannya waktu, meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke serta penurunan kognitif.

Kemungkinan kerusakan pembuluh darah jenis ini, yang dikenal sebagai aterosklerosis, bisa diminimalkan dengan gaya hidup sehat dan menjaga tekanan darah serta kadar gula dan kolesterol dalam darah dalam jarak yang aman.

“Sebagian besar penyedia layanan kesehatan merasa nyaman merekomendasikan gaya hidup sehat dan tindakan pengendalian faktor risiko kardiovaskular untuk mencegah serangan jantung dan stroke,” kata penulis utama studi, Dr. Philip Gorelick, seperti dilansir laman Lifescript, Minggu (1/10).

“Namun banyak juga yang tidak mengetahui kemungkinan bahwa banyak faktor dasar yang sama yang mencegah serangan jantung dan stroke juga bisa mencegah atau menunda timbulnya gangguan kognitif dan demensia,” jelas Gorelick.

Sekitar 75 juta orang di seluruh dunia bisa mengalami demensia pada tahun 2030.

Dokumen tersebut menekankan pentingnya melakukan langkah-langkah untuk menjaga agar otak tetap sehat sedini mungkin, karena aterosklerosis bisa dimulai pada masa kanak-kanak.

Tekanan darah tinggi, kolesterol dan gula darah, misalnya bisa merusak pembuluh darah, memicu komplikasi yang pada akhirnya mengurangi aliran darah ke otak.

loading...

Feeds