22 Kecamatan di Kab Bandung Rawan Bencana Tanah Longsor

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, SOREANG- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab Bandung mencatat 22 dari 31 kecamatan di Kab Bandung terancam longsor.

22 Kecamatan yang rentan longsor di antaranya, Kertasari, Ibun, Paseh, Rancabali, Pasirjambu, Ciwidey, Pangalengan, Nagreg, Cicalengka, Cileunyi, Cilengkrang, Cimaung, Cimenyan dan Arjasari.

Kepala BPBD Kab Bandung Tata Irawan mengatakan indikator penyebab bencana longsor di Kab Bandung yakni permasalahan geografis ‎yang terdiri dari beberapa bukit dan lembah curam, hingga rentan mengalami pergerakan tanah.

Disinggung soal upaya BPBD, Tata mengaku pihaknya telah menanamkan kesiagaan. Salah satunya mengimbau seluruh aparat kewilayahan mulai dari kepala desa dan camat untuk berhati-hati. Yang tak kalah penting, tidak membuat rumah disekitaran tebing curam.

“Masyarakat harus tahu mana daerah yang berpotensi bencana atau tidak,” ucap Tata.

Selain itu pihak BPBD melakukan Pusdaop 24 jam serta pengaktifan sistem pendeteksi bencana. Jika itu sudah dilakukan, diharapkannya dapat meminimalisir bencana. “Kita terapkan mitigasi bencana untuk mengurangi resiko bencana yang mungkin terjadi,” ujarnya.

(kim)

loading...

Feeds