Proyek Drainase Molor, Banjir Mengancam Cimahi

Banjir yang merendam kawasan Jalan Amir Machmud Kota Cimahi. (ilustrasi)

Banjir yang merendam kawasan Jalan Amir Machmud Kota Cimahi. (ilustrasi)

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI- Kota Cimahi rawan banjir. Itu lantaran drainase yang dianggap tak mampu menampung debit air hujan dengan intensitas yang tinggi.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kota Cimahi, Ainul Yakin mengakui hal itu. Selain itu, kata dia, bahkan, kurangnya Ruang Terbuka Hijau (RTH) membuat air hujan tak akan terserap dengan baik.

Meskipun saat ini sudah memasuki musim hujan, perbaikan drainase dan jalan baru akan dilakukan pada akhir tahun anggaran 2017.

“Oktober proses lelang selesai dan pemenang tender sudah ada, dilanjutkan dengan pengadaan fisik. Sebanyak 25 titik drainase akan diperbaiki disesuaikan dengan kondisi di lapangan,” terang Ainul.

Di tiap lokasi proses pengerjaan fisik, dikatakannya, bisa berbeda. Seperti perbaikan hanya untuk jalan saja atau drainase termasuk trotoarnya. Ia mengatakan proyek dengan anggaran Rp 35 miliar itu diharapkan selesai di akhir tahun 2017.

Ainul mengakui, proses lelang berjalan tak sesuai harapan karena terjadinya gagal lelang hingga tiga kali. Sehingga,diakuinya, hal itu menghambat pengerjaan perbaikan drainase dan jalan, sebab pembangunan dimulai akhir tahun dan saat musim hujan.

“Itu bukan karena rekayasa tetapi karena proses lelang yang berulang-ulang,” ungkapnya.

(gat)

loading...

Feeds