Atasi Banjir, Pemkab Bandung Aktifkan Lagi Sungai Citarum Lama

Sungai citarum meluap membanjiri wiayah Baleendah.

Sungai citarum meluap membanjiri wiayah Baleendah.

POJOKBANDUNG.com, SOREANG-‎ Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung akan mengaktifkan kembali aliran Sungai Citarum lama guna mengantisipasi banjir yang kerap terjadi saat musim penghujan.

Khususnya lagi, di beberapa Kecamatan Baleendah, Pameungpeuk, Dayeuhkolot, Rancaekek dan Majalaya sering dilanda banjir hingga ketinggian 2 meter.

Bupati Bandung, Dadang M. Naser‎ mengatakan aliran Sungai Citarum lama akan dibuka untuk dijadikan danau yang nantinya berfungsi sebagai media mengawetkan dan penyimpanan air. Itu dilakukan agar semua air tidak langsung menuju muara serta meminimalisir terjadinya genangan.

“Ketika banjir menjadi penampungan air agar tidak kemana-mana,” kata Dadang di Komplek Perkantoran Pemkab Bandung, Soreang‎.

Dengan kembali diaktifkannya Sungai Citarum lama, Dadang mengklaim langkah ini bisa jadi solusi mengurangi beban volume air dari aliran Sungai Citarum utama saat terjadinya peningkatan volume air dari hulu Sungai Citarum.

Tak hanya itu, di tahun 2018, ungkap Dadang, Pemkab berencana membangun embung untuk mengatur suplai aliran air hujan. Selain itu, embung nantinya bisa juga digunakan untuk petani mengairi lahannya di musim kemarau.

“Fungsinya serupa dengan danau untuk mengawetkan air dan tidak mengalur ke permukiman masyarakat supaya tidak banjir,” ujar Dadang.

Dadang mengatakan 14 danau di anak Sungai Citarum di Kab Bandung akan dibangun dilahan seluas sekitar 40 hektare atau lebih luas dibandingkan danau resapan yang hanya 8 hektare. “Semoga dapat mengatasi banjir di musim penghujan,” harap dia.

(kim)

loading...

Feeds