Jumlah Pemilih Pilkada Jabar Diprediksi Mencapai 32 Juta

ilustrasi pilkada

ilustrasi pilkada

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Jawa Barat memprediksi jumlah calon pemilih Pilkada Jabar mencapai 32 juta jiwa.

Kepala Disdukcapil Provinsi Jabar, Abas Basari menjelaskan, berdasarkan perhitungan DP4 (Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu), jumlah calon pemilih saat ini mencapai 31.780.000 jiwa.

Namun, menjelang Pilkada 2018, kemungkinan besar jumlah itu akan bertambah.

Baca Juga:

Dede Yusuf Maju Lagi di Pilgub Jabar, Ini Respons Partai Demokrat Jabar

Golkar Usung Ridwan Kamil-Daniel Muttaqien, Agung Laksono Minta DPP Panggil Dedi Mulyadi

“Kenapa bertambah, kan nanti ada yang menginjak dewasa, atau mungkin juga nanti ada anggota Polri dan TNI yang pensiun,” ucap Abas saat ditemui di Gedung DPRD Jabar, Jalan Diponogoro, Kota Bandung, Senin (25/9/2017) kemarin.

Abas mengaku, saat ini pihaknya terus berkoordinasi dengan KPU dan Bawaslu untuk mengvalidasi data penduduk hingga menghasilkan Daftar Pemilih Tetap. Perekaman e-KTP juga terus dilakukan.

“Kami juga melakukan sistem jemput bola, jadi perekaman bisa lebih cepat,” imbuhnya.

Baca Juga:

Gerindra Undang Partai Poros Baru. Ada Apa Ya?

Golkar Jabar Seret Kasus SK Bodong ke Polisi

Abas tidak menampik masih banyak warga Jabar yang belum mendapatkan KTP bahkan melakukan perekaman. Akan tetapi, jika pada waktunya masih ditemukan warga belum memiliki KTP sehingga tidak memiliki surat suara, alternatifnya adalah dengan surat keterangan (suket).

“Bagusnya sudah memiliki KTP semuanya. Misalnya, ada warga yang baru menginjak usia dewasa (memiliki hak pilih) kemudian ketika hari pencoblosan belum sempat buat KTP karena prosesnya kan lama. Jadi kami dengan Suket dulu,” pungkasnya.

(arh)

loading...

Feeds