Joko Driyono Jabat Wakil Presiden AFF, Yuk Dukung Indonesia-Thailand Host Piala Dunia 2034

Joko Driyono

Joko Driyono

POJOKBANDUNG.com- ADA dua keputusan penting dalam AFF (Asean Football Federation) Council Meeting di Nusa Dua, Bali, sejak 21 September.

Pertama, wakil ketua umum PSSI Joko Driyono ditunjuk sebagai wakil presiden AFF menggantikan Teoh Chin Sim asal Singapura yang saat ini fokus menjadi salah satu anggota Executive Commitee (Exco) di AFC (Asian Football Confederation).

Lalu, kedua, AFF memberikan dukungan penuh kepada Indonesia dan Thailand dalam upaya menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034.

”Ide besar ini sudah disampaikan PSSI kepada kami dan yang terpenting adalah PSSI sudah mendapat izin dari pemerintah Indonesia terkait hal ini,” kata Sekretaris Jenderal AFF Dato Sri Azzudin Ahmad.

Pria asal Malaysia itu lantas menunjukan surat dukungan pemerintah Indonesia yang diteken Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Dalam surat yang diterbitkan Jumat (22/9) itu, pemerintah Indonesia berkomitmen membantu PSSI dan AFF memaksimalkan ide dan gagasan besar mereka menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034.

Salah satu alasan Dato Sri Azzudin, Indonesia dan Thailand layak menjadi garda terdepan mewakili Asean untuk bidding tuan rumah Piala Dunia tersebut. Sebab, kedua negara itu memiliki basis sepak bola paling besar. ”Bahkan saat ini populasi pendukung sepak bola di Asean adalah salah satu yang terbesar di dunia,” tegasnya.

Nah, terkait terpilihnya Joko Driyono sebagai wakil presiden AFF tersebut, Dato Sri Azzudin mengatakan, Joko adalah salah satu tokoh sepak bola Indonesia yang memiliki kapabilitas untuk menduduki posisi itu.

”Dia juga memiliki wawasan luas dalam sepak bola, dan mempunyai ide-ide kreatif untuk sepak bola Indonesia  dan Asia Tenggara,” terangnya.

Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria mengatakan bahwa, dukungan penuh dari AFF, begitu juga pemerintah tersebut adalah langkah awal bagi kemajuan sepak bola tanah air dalam pentas dunia. “Jadi, kami harus terus bekerja keras untuk mewujudkan mimpi besar ini menjadi nyata,” kata Tisha.

AFF Council Meeting yang berakhir tadi malam itu, dihadiri oleh 12 perwakilan federasi sepak bola Asia Tenggara. Mulai dari Indonesia, Australia, Filipina, Brunei Darussalam, Singapura, Malaysia, Thailand, Laos, Myanmar, Vietnam, Timor Leste, dan Kamboja. Selain dua agenda penting di atas, mereka juga membahas format Piala AFF 2018 yang menggunakan sistem home and away.

(ben/ham)

loading...

Feeds