Heboh “SK Golkar” untuk Ridwan Kamil, Siapakah Daniel Muttaqien Syafiuddin?

POJOKBANDUNG.com – Iklim politik Jawa Barat digegerkan dengan beredarnya Surat Keputusan (SK) DPP Golkar yang mendukung Ridwan Kamil di Pilgub Jabar 2018. SK yang diduga hoax itu menyebutkan, Ridwan Kamil dipasangkan dengan Daniel Muttaqien Syafiuddin.

SK itu bikin geger karena Golkar sudah lebih dulu mengusung Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi sebagai bakal calon di Pilgub Jabar yang setahun lagi digelar. Lalu, siapakah Daniel Muttaqien Syafiuddin yang dalam “SK” menjadi pendamping Ridwan Kamil?

Daniel Mutaqien Syafiudin. Foto: wikidpr.org

Daniel Muttaqien Syafiuddin ialah putra dari pasangan Irianto MS Syafiuddin (Yance) dan Anna Sophanah. Yance juga mantan Bupati Indramayu dan pernah menjabat Ketua DPD Golkar Jabar. Sedangkan Anna Sophanah ialah Bupati Indramayu, melanjutkan kepemimpinan suaminya.

Dengan latar belakang tersebut, jelas Daniel Muttaqien Syafiuddin bukan orang sembarangan. Ia memiliki basis massa di Pantura, khususnya Indramayu. Tidak heran jika ia kini duduk di DPR RI.

Baca Juga:

OSO Tidak Akan Obok-obok Kebijakan Daerah Soal Pilgub dan Pilkada

Ribut SK Bodong Dukung Ridwan Kamil, Kader Golkar Kibarkan Bendera Setengah Tiang

Pada Pemilihan Legislatif  untuk Periode 2014-2019, Daniel Muttaqien Syafiuddin berhasil mendulang suara di Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat VIII. Ia mengantongi 91.958 suara dan lolos menjadi anggota DPR RI.

Dalam situs wikidpr.org, pria kelahiran Indramayu tanggal 30 September 1981 itu duduk di Komisi V bidang Perhubungan, Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat, Pembangunan Pedesaan dan Kawasan Tertinggal, Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika.

Daniel aktif di Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) dan menjabat menjadi Komisaris Utama di PT Cimanuk Cemerlang dan PT Fajar Primaswara.

Disebutkan pula bahwa Daniel adalah tamatan SMA Muhammadiyah 2, Yogyakarta (1999). Sejak muda ia belajar berorganisasi dari ayahnya.

Di bidang organisasi, Daniel menjabat Ketua Pemuda Pancasila Jawa Barat. Sebelum menjadi anggota DPR RI, ia berkiprah di panggung politik lokal, yakni menjadi Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat periode 2009-2014.

loading...

Feeds