BPJS Ketenagakerjaan dan BPPK Jabar Kerja Sama, Perusahaan Bandel Bakal Disanksi

BPJS Ketenagakerjaan se-Bandung Raya dan BPPK Wilayah IV Jawa Barat sepakat melakukan pemeriksaan terpadu kepada pemberi kerja (perusahaan) selain penyelenggara negara

BPJS Ketenagakerjaan se-Bandung Raya dan BPPK Wilayah IV Jawa Barat sepakat melakukan pemeriksaan terpadu kepada pemberi kerja (perusahaan) selain penyelenggara negara

POJOKBANDUNG.com – BPJS Ketenagakerjaan se-Bandung Raya beserta Balai Pelayanan Pengawas Ketenagakerjaan (BPPK) Wilayah IV Jawa Barat mencapai kesepakatan untuk melakukan pemeriksaan terpadu kepada pemberi kerja (perusahaan) selain penyelenggara negara.

BPJS Ketenagakerjaan se-Bandung Raya diwakilkan Kantor Cabang Bandung Suci, Kantor Cabang Bandung Lodaya, Kantor Cabang Soekarno-Hatta, Kantor Cabang Cimahi, Kantor Cabang Sumedang dan Kantor Cabang Tasikmalaya.

Baca Juga:

Kantongi Rp260 Trilun, BPJS Ketenagakerjaan Tertarik Investasi di Kertajati

Bupati Bandung Serahkan Manfaat BPJS Ketenagakerjaan

Kesepakatan tersebut menindaklanjuti Peraturan Pemerintah Nomor 86 Tahun 2013 tentang Tata Cara Pengenaan Sanksi Administratif kepada Pemberi Kerja selain Penyelenggara Negara dan Permenaker Nomor 23 Tahun 2016 tentang Pengenaan dan Pencabutan  Sanksi Administratif tidak Mendapatkan Pelayanan Publik Tertentu bagi Pemberi Kerja Selain penyelenggara Negara.

Pemeriksaan terpadu itu meliputi perusahaan yang tidak membayar Iuran BPJS Ketenagakerjaan, tidak mendaftarkan perusahaan ke BPJS Ketenagakerjaan, perusahaan yang hanya mendaftarkan sebagian tenaga kerjanya maupun Program BPJS Ketenagakerjaan dan perusahaan yang mendaftarkan upah/gaji yang tidak sesuai dengan yang telah di tetapkan.

Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Bandung Lodaya Dody Latpurianto, menyebutkan setidaknya periode September – Desember 2017 ini ada 150 perusahaan yang telah diverifikasi dan akan dilakukan Pemeriksaan Khusus.

Baca Juga:

Hubungan Serikat Pekerja dan Manajemen BPJS Ketenagakerjaan Diharapkan Semakin Solid

BPJS Ketenagakerjaan Target Jaring 700 Perusahaan di Kab Bandung

Kepala BPPK Wilayah IV Jawa Barat, DR. Ma’mur Rizal, Drs., MM –PLH, menyebutkan pihaknya akan terus mendukung program pemerintah, apalagi jika berkaitan dengan kesejahteraan tenaga kerja khususnya wilayah Bandung.

Ma’mur Rizal menambahkan, 150 daftar perusahaan yang telah diverifikasi BPJS Ketenagakerjaan se-Bandung Raya akan kami lakukan pemeriksaan khusus baik kunjungan maupun pemanggilan ke kantor BPPK wilayah IV.

“Sanksi tegas akan diberikan bagi perusahaan yang tetap membandel,” tandas Ma’mur Rizal. “Kami berharap semua perusahaan aware terhadap kesejahteraan tenaga kerja mereka.”

(sol)

loading...

Feeds