Panas! Golkar Usung Ridwan Kamil-Daniel Muttaqin, PDIP Bakal Tarik Dukungan

DPD Golkar Jabar saat mengunjungi kantor DPD PDIP Jabar. FOTO: ATEP KURNIAWAN

DPD Golkar Jabar saat mengunjungi kantor DPD PDIP Jabar. FOTO: ATEP KURNIAWAN

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Keinginan DPP Partai Golkar mengusung Wali Kota Bandung Ridwan Kamil-Daniel Muttaqin Syafiuddin sebagai Calon Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Barat 2018, memunculkan reaksi dari DPD PDI Perjuangan Jawa Barat.

Seperti diketahui, kedua partai lawas ini sejak awal sudah berkomitmen menjalin kerja sama politik, saling mendukung dalam Pilkada Serentak termasuk Pilgub Jabar 2018.

Sedangkan tak satu pun dari pasangan tersebut yang merupakan kader PDIP, di mana Ridwan Kamil merupakan figur non-partai, dan Daniel Muttaqin merupakan kader Golkar asal daerah Pantura Jawa Barat.

Baca Juga:

Pilgub Jabar: Ridwan Kamil Oke, Poros Tengah Siap

Belum Punya Wakil, Ridwan Kamil: Tenang, Pilgub Jabar Baru Babak Pertama

“Kami sendiri belum baca dan lihat surat itu (SK pengusungan Ridwan Kamil-Daniel Muttaqin) seperti apa jelasnya, valid atau tidak,” tegas Sekretaris DPD PDIP Jawa Barat, Abdy Yuhana, kepada wartawan, Jumat (22/9/2017).

“Yang jelas, PDIP tidak akan terpengaruh manuver-manuver yang dilakukan partai lain, kami lebih konsen pada konsolidasi internal.”

Dikatakan, sejauh ini baik secara formal maupun nonformal, komunikasi antara Partai Golkar dan PDIP sudah berjalan baik. Kedua belah pihak setuju untuk mengusung figur yang disepakati bersama, bukan figur lainnya yang diputuskan sepihak.

“Selama ini dari kedua partai masing-masing belum ada calon, dan sepakat keputusan diserahkan kepada DPP. Saat sudah ketemu siapa calonnya, satu urusan itu akhirnya lepas. Dan kalau sudah ada calon, kita lihat, sama tidak dengan kriteria yang diusung PDIP. Kalau beda, kedua partai akan membatasi komunikasi,” tegas Abdy.

Pembatasan komunikasi politik itu, lanjut dia, akan dilakukan PDIP jika pengusungan Ridwan-Daniel benar-benar terjadi. Masalahnya, Ridwan Kamil dan Daniel Mutaqien tidak masuk dalam penjaringan calon gubernur dan wakilnya di PDIP.

“Kecenderungan PDIP adalah mengusung dari internal partai,” tegasnya. 

loading...

Feeds