Kekeringan, Aher: Persediaan Beras di Jabar Masih Aman

Pemkab Bandung meminta para petani beralih komoditas begitu memasuki musim kemarau. (Hakim Baihaqi)

Pemkab Bandung meminta para petani beralih komoditas begitu memasuki musim kemarau. (Hakim Baihaqi)

POJOKBANDUNG.com – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ahmad Heryawan mengatakan, pihaknya bersama BPBD Provinsi Jabar, PDAM beserta pemerintah kabupaten/kota telah membuat langkah strategis mengatasi kekeringan.

Penanggulangan kekeringan untuk lahan pertanian, dengan cara memberikan bantuan pompa. Dengan pompa, air dari sungai dipompa ke lahan pertanian yang kering, biasanya berada di atas permukaan air sungai.

Sedangkan, antisipasi krisis air bersih dilakukan dengan cara pembuatan sumur yang bekerja sama dengan PDAM setempat.

“Kita salurkan bantuan air bersih kepada masyarakat. Atau kita bantu dengan membuat sumur dan mengalirkan air dari mata air ke permukiman warga. Mobil tanki dari BPBD Provinsi dan kabupaten Kota juga diturunkan untuk mengantarkan air bersih,” kata Gubernur yang akrab disapa Aher.

Baca Juga:

Tahun Ini, 2.726 Desa Mengalami Kekeringan

Kemarau, Ratusan Hektare Sawah di Jabar Kekeringan

Bandung Kekeringan, Wakil Walikota Minta Warga Bertaubat

Akibat kekeringan tahun ini, katanya, sebanyak 139 hektare sawah mengalami gagal panen atau puso. Dari jumlah tersebut, 135 di antaranya berada di Indramayu. Sedangkan sisanya tersebar di kabupaten dan kota lain di Jawa Barat.

Meski begitu, Aher mengatakan, hal itu tidak berdampak signifikan terhadap persediaan beras di Jabar. Dampak kekeringan tahun ini jauh lebih ringan dari dua tahun lalu.

“Bahkan tahun lalu, tidak ada musim kemarau jadi tidak ada bencana kekeringan,” katanya.

Kekeringan di Jabar yang tengah terjadi diperkirakan akan berakhir pada akhir September 2017 sehubungan dimulainya musim hujan kembali.

(bbb)

loading...

Feeds

Kian Patuh Sambil Makan Bakso Puyuh

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI–Puluhan pelaku Usaha Kecil dan Menegah (UKM) di wilayah Pelabuhan Ratu mengikuti diskusi bertajuk “Peran UKM Untuk Negeri” di …

Pemkot Cimahi Segera Lakukan Rotasi

Rotasi dan Mutasi pejabat esselon di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi akan segera dilaksanakan. Hal tersebut dilakukan karena, kebutuhan organisasi.

PBB Kabupaten Bandung Siap Grudug Senayan

Partai Bulan Bintang (PBB) Kabupaten Bandung optimis Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) meloloskan PBB di pemilu 2019 mendatang.

Perda Kepemudaan Harus Diimplementasikan

Dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya di kalangan pemuda, Pemerintah Kota Cimahi sebaiknya mengimplementasikan Peraturan Daerah (Perda) Kepemudaan.