Mandi-Merokok setelah Makan, Benarkah Membahayakan Kesehatan?

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com- MANDI merupakan salah satu aktivitas yang wajib dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, kebanyakan orang menganggap mandi setelah makan menyimpan dampak yang berbahaya bagi tubuh. Benarkah?

Sebelum menjawab hal tersebut, klikdokter.com mencoba memberi pemahaman yang harus diluruskan terlebih dahulu, yaitu mandi dan makan adalah dua aktivitas yang berbeda.

BACA JUGA:

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mandi

Mandi Air Hangat di Pagi Hari Itu Tidak Dianjurkan, Ini Alasannya

Mandi adalah sebuah aktivitas yang berkaitan dengan bagian luar tubuh. Sedangkan makan merupakan aktivitas yang berkaitan dengan organ-organ dalam tubuh.

Jadi, anggapan bahwa mandi setelah makan bisa mengancam kesehatan adalah sesuatu yang tidak perlu dikhawatirkan. Meski begitu, terdapat beberapa bahaya lain yang mengancam kesehatan bila melakukan aktivitas berat usai makan, salah satunya adalah perut kram.

Perut kram terjadi karena sebagian aliran darah terfokus ke organ-organ pencernaan. Sedangkan aktivitas-aktivitas berat yang dilakukan, membuat otot-otot juga membutuhkan peningkatan aliran darah. Kompetisi antara kedua sistem tubuh inilah yang bisa membuat kram.

Berikut tiga aktivitas yang harus Anda hindari setelah makan, yaitu:

  1. Langsung tidur.

Banyak orang mengaku mengantuk setelah makan. Jika memang benar seperti itu, Anda sebaiknya menahan rasa kantuk sebentar saja.

Bila menuruti rasa kantuk dan tidur, makanan yang baru saja masuk tidak dapat dicerna dengan baik. Makanan yang masih dicerna di lambung mungkin saja naik lagi ke kerongkongan.

loading...

Feeds