Enam Kecamatan Krisis Air, Ribuan Warga Kab Bandung Terimbas

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab Bandung mengungkap data yang menyebut bahwa 14.381 orang terdampak musim kemarau yang terjadi sejak Juli hingga Agustus 2017.

Dari 31 Kecamatan di Kab Bandung, jumlah warga yang terdampak krisis air sebagian besar terdapat di enam kecamatan dan sepuluh desa, yakni Kec Soreang, Kutawaringin, Arjasari, Ciparay, Cangkuang dan Pasirjambu‎.

BACA JUGA:

Kemarau Tiba, Dua Kecamatan di Cimahi Krisis Air Bersih

Kemarau, Ratusan Hektare Sawah di Jabar Kekeringan

Kepala BPBD Kab Bandung, Tata Iriawan Soban‎di juga mengungkapkan, desa di enam Kecamatan yang terkena dampak musim kemarau yakni, ‎ Cibodas, Cilame, Pingirsari, Rancakole, Lebakwangi, Pakutandang, Mekarlaksana, Komplek Parahyangan Kencana, Gading Tutuka I dan Desa Parung Serab.

“Untuk Kecamatan Pasirjambu, air bersih sudah dikirim pada 21 – 23 Agustus. PDAM menyediakan dua penampung air,” kata Tata, Selasa (5/9).

Lebih lanjut, Tata menyebut jika sepanjang Agustus 2.495 hektare lahan sawah dari total 6.981 hektare di 16 Kecamatan terancam kekeringan, di antaranya Kecamatan Bojongsoang sekitar 1.560 hektare.

“Dikarenakan Kecamatan Bojongsoang terdapat banyak areal persawahan, disusul dengan Cicalengka 191 hektar dan Pameungpeuk 114 hektare,” ujarnya.

‎(kim)

loading...

Feeds