Jelang Idul Adha, Warga Diminta Waspadai Pencurian Hewan Kurban

Barang bukti hewan kurban hasil pencurian diamankan Mapolres Bandung. (Hakim Baihaqi)

Barang bukti hewan kurban hasil pencurian diamankan Mapolres Bandung. (Hakim Baihaqi)

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Jelang Hari Raya Idul Adha 1438 H, Polres Bandung mengimbau masyarakat Kab Bandung lebih waspada. Sebab, momen hari Raya Idul Adha kerap dimanfaatkan oleh segelintir orang untuk melakukan kejahatan.

Kasatreskrim Polres Bandung, AKP Firman Taufik‎ mengungkapkan, mendekati Hari Raya Idul Adha, hewan kurban menjadi sasaran utama kejahatan. Firman mengimbau masyarakat untuk bisa mengawasi serta menjaga hewan kurbannya.

“Para pencuri akan melakukan pencurian hewan kurban biasanya di malam hari,” kata Firman saat gelar perkara di Mapolres Bandung, Selasa (29/8).

Firman menyampaikan hal tersebut bukan tanpa sebab. Karena baru-baru ini, pihaknya meringkus pencuri hewan ternak, berinisial SM,43, di Kecamatan Pangalengan. Pelaku ini diketahui telah melakukan tindak pencurian hewan ternak di wilayah Kec Arjasari, Pangalengan, Ciwidey dan Majalaya.

“Kami mengamankan sepuluh ekor kambing dari pencuri hewan ternak ini,” ungkapnya.

Mengenai modus operandi yang dilakukan pelaku, Firman mengungkapkan, praktik pencurian dengan merusak kandang dan kunci pengaman kandang. Lalu, seusai mengambil hewan, pelaku mengangkut hewan dengan kendaraan roda dua maupun angkutan umum. “Semua dilakukan tersangka pada malam hari dengan kondisi yang cukup sepi,” katanya.

Pelaku sendiri mengaku, mencuri untuk memenuhi kebutruhan sehari-hari. “Saya menjual domba Rp 500 ribu/ekor. Saya sangat menyesal atas perbuatan saya,” tandasnya.

(kim)

loading...

Feeds