Berat Badan Naik karena Tidur, Ini Penjelasan Ilmiahnya

Ilustrasi (ist)

Ilustrasi (ist)

POJOKBANDUNG.com – Orang yang tidak mendapatkan jumlah tidur cukup cenderung mengalami kelebihan berat badan dan memiliki lingkar pinggang lebih besar, menurut studi baru yang diterbitkan di PLOS ONE.

Tapi apa yang tidak ditemukan dalam penelitian ini adalah kejutan nyata. Hasilnya tidak menunjukkan hubungan antara tidur yang buruk dan makanan yang kurang sehat.

Penelitian ini melibatkan 1.615 orang dewasa di Inggris yang disurvei tentang pola tidur dan makanan normal mereka.

Mereka juga memberikan sampel darah dan berat badan, lingkar pinggang, tekanan darah, kolesterol, gula darah dan fungsi tiroid mereka yang diukur.

Baca Juga:

Masyarakat Indonesia Kurang Makan Sayur, Penyakit Mematikan Ini Mengancam

Dengan Tips Ini Berat Badan Anda Bisa Turun 10 Kg Secara Alami. Coba Deh!

Kenali Penyebab Kegelisahan dan Kecemasan Anda. Ini Solusinya…

Para peneliti ingin melihat berapa lama mereka tidur per malam akan memengaruhi tindakan kesehatan umum ini.

Hasilnya, orang yang tidur sekitar 5,9 jam dalam semalam memiliki lingkar pinggang rata-rata 37,4 inci dan rata-rata BMI 28,6.

Sedangkan mereka yang rata-rata tidur 8,4 jam dalam semalam memiliki lingkar pinggang rata-rata 35,8 inci dan rata-rata BMI 27,1.

Setelah hasilnya disesuaikan dengan usia, jenis kelamin, etnisitas, status sosial ekonomi dan status merokok, setiap jam tidur tambahan per malam dikaitkan dengan pengurangan lingkar pinggang 0,3 inci dan penurunan BMI hampir setengah poin.

Tidur lebih pendek juga dikaitkan dengan kadar kolesterol HDL baik yang lebih rendah.

loading...

Feeds