Harga Hewan Kurban di Kab Bandung Naik, Ini Penyebabnya

ilustrasi

ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, SOREANG- Jelang Hari Raya Idul Adha 1 September 2017, pedagang hewan kurban di Soreang, Kab Bandung mengeluhkan harga bibit ternak sapi yang semakin mahal.

Akibatnya,  mereka terpaksa menaikkan harga jual hewan kurban pada tahun ini. Pedagang hewan kurban di Jalan Raya Soreang, Ade,64, menyebutkan harga bibit hewan ternak relatif mahal.

BACA JUGA:

Waspada Saat Beli Hewan Kurban Awas Antraks

Beli Hewan Kurban di Bandung Dilayani SPG, di Sini Tempatnya

“Di tahun 2016 harga sapi berkisar Rp 17,5 juta, tetapi sekarang Rp 18,5 juta. Tapi pembeli tak berkurang. Saya memprediksi H-5 akan terjadi peningkatan pembeli seperti tahun lalu. Saat ini, hanya ada beberapa yang menanyakan harga dan kondisi hewan kurban,” ungkap kata Ade.

“Harga (hewan kurban) tahun ini memang lebih mahal dan mengalami peningkatan hingga 20 persen,” kata Ade.

Pemkab Bandung Barat Siapkan 15 Ribu Kalung Sehat Hewan Kurban

Ia menyebutkan, harga untuk satu ekor sapi dikisaran Rp26 juta- Rp 27 juta dengan bobot 5 kuintal, sedangkan untuk kualitas dibawahnya Rp 21 juta dengan bobot 4 kuintal.  “Semua sapi yang saya jual merupakan sapi lokal yang ada di pulau Jawa,” ujarnya.

Soal  kesehatan hewan ternak yang dijualnya, Ade mengaku selalu berkoordinasi dengan Dinas Pertanian (Distan) setempat untuk dilakukan pengecekan secara berkala. “Saya tetap percaya diri berjualan jika ada pengecekan kesehatan dari dinas,” singkatnya.

loading...

Feeds