Wah! Peringkat ITB Digeser UGM

kampus itb via Radar Cirebon

kampus itb via Radar Cirebon

POJOKBANDUNG.com – Kemenristekdikti merilis hasil pemeringkatan perguruan tinggi di Indonesia, kemarin (17/8/2017).

Universtias Gadjah Mada (UGM) berhasil menggeser Institut Teknologi Bandung (ITB) yang dua tahun berturut (2015 dan 2016) menjadi nomor satu.

Hasil pemeringkatan kampus nasional oleh Kemenrsitekdikti selalu diumumkan bertepatan dengan peringatan hari kemerdekaan Indonesia.

Tahun ini Menristekdikti Mohamad Nasir mengumumkan hasil pemeringkatan terbaru setelah memimpin upacara di Puspiptek, Tangerang Selatan, Kamis (17/8/2017).

Baca Juga:

Di Kampus Tiongkok Juga Ada Jurusan Bahasa Indonesia Loh!

Perampasan Buku Mahasiswa di Bandung, Kampus Harus Minta Maaf 

’’Sebelum ini beredar hasil-hasil peringkat nasional. Itu tidak benar. Hoaks. Ini yang terbaru,’’ jelasnya.

Nasir mengumumkan UGM behasil menempati posisi pertama dengan skor 3,66 poin, menggantikan ITB (3,53 poin). Di bawahnya disusul IPB (3,45 poin), UI (3,38), dan ITS (3,23).

Kemudian untuk kategori politeknik atau vokasi, Politeknik Elektronika Negeri (PEN) Surabaya (2,24 poin), Poltek Negeri Sriwijaya dan Poltek Negeri Semarang (keduanya 1,96), serta Poltek Negeri Malang (1,95).

Mantan rektor terpilih Undip itu menjelaskan ada beberapa indikator penilaian yang baru. Sehingga ada perbedaan hasil pemeringkatan tahun ini dengan periode sebelumnya.

Di antara indikator baru yang signifikan adalah pengabdian masyarakat.

Selain itu juga akreditasi internasional untuk program studi serta keberadaan mahasiswa asing yang mengikuti perkuliahan.

Nasir juga menjelaskan tahun ini dilakukan pemeringkatan tersendiri untuk kampus vokasi. Tujuannya adalah melihat langsung capaian kampus-kampus kelompok vokasi.

loading...

Feeds

Selamat Datang Lagi, Spaso

Ada pemain yang patut ditunggu performanya dalam pertandingan Persib Bandung kontra Bhayangkara FC, Minggu (24/9) pukul 15.00 Wib.

DPD RI Uji Sahih Kebijakan Fiskal 2018

  POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Komite IV Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI yang didukung Pusat Pengkajian dan Informasi Anggaran Pusat dan Daerah (Budget …