BPS: dari Skala 0-100, Indeks Kebahagiaan Masyarakat Jabar Hanya 69,58

Wagub Jabar Deddy Mizwar

Wagub Jabar Deddy Mizwar

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Badan Pusat Statistik (BPS) merilis, indeks kebahagiaan masyarakat Jawa Barat di tahun 2017 ini berada di peringkat ke-29 dari total 34 provinsi di Indonesia.

Provinsi dengan peringkat kebahagiaan tertinggi adalah Maluku Utara dengan nilai 75,68. Sedangkan Jawa Barat memiliki indeks kebahagiaannya hanya 69,58, lebih rendah dari indeks kebahagiaan rata-rata di Indonesia sebesar 70,69. (Baca: Survei BPS: Single Ternyata Lebih Bahagia Dibanding yang Sudah Menikah)

Sementara Gorontalo berada pada posisi keenam dengan nilai 73,19, DI Yogyakarta di posisi kedelapan dengan nilai 72,93, DKI Jakarta di posisi 19 dengan nilai 71,33, Jawa Tengah di posisi 21, Jawa Timur posisi 23, Banten posisi 28, dan Papua menjadi provinsi paling bontot dalam indeks kebahagiaan, yakni posisi ke-34.

Menanggapi survei tersebut, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengakui memang selama ini terdapat daerah yang memiliki indeks kebahagiaan tinggi, ada juga yang masih rendah. Semua itu berpengaruh pada indeks kebahagiaan masyarakatnya.

“Contohnya angka kemiskinan di Kota Tasikmalaya masih cukup besar. Dan apakah memang kemiskinan ini mempengaruhi indeks kebahagiaan itu,” kata Deddy di Gedung DPRD Jawa Barat, Jalan Diponegoro Bandung, Rabu (16/8/2017).

Menurutnya, perlu diperdalam lagi mengenai tolok ukur indeks kebahagiaan tersebut, terutama soal kriteria untuk menciptakan kota atau kabupaten dengan indeks kebahagiaan masyarakat yang tinggi. “Apakah kemiskinan atau adanya ruang terbuka hijau memengaruhi indeks kebahagiaan?” katanya.

Namun menurut BPS, indeks kebahagiaan ini ditentukan atas tiga dimensi, yaitu Kepuasan Hidup (Life Satisfaction), Perasaan (Affect), dan Makna Hidup (Eudaimonia). Khusus Kepuasan Hidup, dimensi ini terdiri atas Subdimensi Kepuasan Hidup Personal dan Subdimensi Kepuasan Hidup Sosial.

(atp/pojokbandung)

loading...

Feeds

Selamat Datang Lagi, Spaso

Ada pemain yang patut ditunggu performanya dalam pertandingan Persib Bandung kontra Bhayangkara FC, Minggu (24/9) pukul 15.00 Wib.

DPD RI Uji Sahih Kebijakan Fiskal 2018

  POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Komite IV Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI yang didukung Pusat Pengkajian dan Informasi Anggaran Pusat dan Daerah (Budget …