Survei Teranyar 10 Bulan Jelang Pilgub Jabar: dari Deddy Mizwar Hingga Ridwan Kamil

Kandidat bakal calon gubernur Jawa Barat 2018

Kandidat bakal calon gubernur Jawa Barat 2018

Ia mengungkap pula bahwa tingkat akseptabilitas untuk Dedi Mulyadi mendapat 78,7 persen, Iwa Karniwa dengan 65,1 persen, Agung Suryamal dengan 62,7 persen dan terakhir Netty Prasetiani dengan 52,3 persen responden.

Untuk faktor elektabilitas, FSI mencatat Deddy Mizwar memiliki tingkat keterpilihan paling tinggi, yakni 39,4 persen.

Hmm… Survei IDM Jagokan Deddy Mizwar Ketimbang Ridwan Kamil di Pilgub Jabar

Soal elektabilitas ini, kata Andi, urutan kedua survei didapat oleh Dedi Mulyadi yang dipilih 13,3 persen masyarakat, disusul dengan Rieke Dyah Pitaloka dengan 10,7 persen responden yang menilai.

“Nama Dede Yusuf mendapat perolehan 7,4 persen responden, kemudian Ridwan Kamil yang sempat melejit namanya melalui pemberitaan media, ternyata hanya dipilih 6,2 persen responden,” paparnya.

Andi menjelaskan, survei ini dilakukan dengan menggunakan populasi warga Jawa Barat yang terdaftar pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilpres 2014 dan yang mempunyai hak pilih dalam pemilu Presiden 2014.

“Populasi sebanyak 33.045.101 pemilih dan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 2.178 responden. Dengan margin of error plus minus 2,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen,” sebutnya.

Para responden terpilih ini, kata Andi, diwawancara tatap muka menggunakan kuesioner dan pertanyaan secara langsung oleh pewawancara yang terlatih. Sementara, pengambilan data surveinya sendiri dilakukan pada 22 Juli sd 2 Agustus 2017.

(dms/JPC/pojokbandung)

 

loading...

Feeds