Ketika Kuli Genting Jatiwangi Ikut Kontes Binaraga

Jatiwangi Cup - Lomba Binaraga Antar Jebor 2017. FOTO: RIANA SETIAWAN/RADAR BANDUNG

Jatiwangi Cup - Lomba Binaraga Antar Jebor 2017. FOTO: RIANA SETIAWAN/RADAR BANDUNG

POJOKBANDUNG.com – Satu persatu pabrik genting tradisional Jatiwangi (jebor) gulung tikar seiring munculnnya pabrik genting modern. Untuk mempertahankan eksistensi genting Jatiwangi itu digelarlah kontes binaraga buruh jebor.

Selepas salat Jumat, di pekan kedua Agustus (11/8), puluhan buruh pabrik genting yang berbadan kekar berkumpul di Pabrik Genteng Tenang Jaya, Kecamatan Jatiwangi, Kabupaten Majalengka.

Mereka adalah kuli jebor (pabrik genteng) yang mengikuti Jatiwangi Cup – Lomba Binaraga Antar Jebor. Mereka berasal dari 29 jebor yang ada di daerah penghasil genting itu. Banyak kuli jebor yang datang ditemani anak, istri, saudara dan tetangga.

Tak sembarang kuli bisa mengikuti agenda tahunan yang diinisiasi Jatiwangi Art Factory (JAF) itu. Hanya kuli jebor yang mendapat rekomendasi dari pimpinan pabrik yang bisa berkontribusi menyemarakan pesta rakyat menjelang HUT RI itu.

Jatiwangi Cup – Lomba Binaraga Antar Jebor 2017. FOTO: RIANA SETIAWAN/RADAR BANDUNG

Peserta Jatiwangi Cup – Lomba Binaraga Antar Jebor merupakan perwakilan setiap pabrik genting di Jatiwangi.

Aksi mereka sudah ditunggu ribuan warga yang berkerumun di lapangan tempat penjemuran genteng, di bawah matahari terik. Kedatangan mereka diiringi teriakan gembira dan tepuk tangan.

Baca Juga:

Bandung Punya Kampung Seni dan Budaya Khas Sunda yang Mendunia, Ini Dia

Kedai Steak Ranjang Berkonsep Amerika-Indonesia Makin Digandrungi Mahasiswa Bandung

Saat kuli jebor naik ke atas gundukan tanah liat yang menyerupai podium, penonton makin riuh. Mereka disambut bak model di atas catwalk.

Tetapi Jatiwangi Cup bukan kontes binaraga atlet profesional dimana tubuh atletis dibentuk dengan latihan fitnes. Tubuh kuli jebor itu terbentuk secara alami akibat tempaan membuat genting yang mereka geluti sehari-hari.

Memang tidak semua kuli berbadan kekar. Ada juga kuli badannya kurus hingga berbadan tambun. Namun, pemandangan itu menjadi hiburan tersendiri yang ditunggu warga.

loading...

Feeds