Bandung Punya Kampung Seni dan Budaya Khas Sunda yang Mendunia, Ini Dia

POJOKBANDUNG.com, BALEENDAH – Bandung memang terkenal dengan kreatifitas masyarakatnya, bahkan karya-karya yang ditelurkan oleh orang Bandung ini sering terdengar gaungnya sampai ke negeri seberang.

Salah satunya karya para seniman lukis yang berada di Kampung Seni dan Budaya Jelekong.

Kampung Seni dan Budaya Jelekong merupakan kampung penghasil lukisan terbesar di Bandung. Para seniman di kampung Jelekong mewarisi keahliannnya secara turun temurun.

Tidak hanya terkenal dengan seni lukis, Jelekong juga merupakan pusat pembuatan wayang golek dan kuliner khas Sunda. Banyak dalang yang berasal dari daerah ini, salah satunya yakni Asep Sunandar Surya.

Kampung Jelekong terletak di Baleendah yang berjarak sekitar 25 Km dari Kota Bandung. Daerah ini dijuluki sebagai kampung budaya dan wisata sejak tahun 1970-an. Kampung Jelekong terkenal dengan lukisan-lukisannya.

Harga lukisan pun tergantung tingkat kesulitan lukisan, cat yang digunakan sesuai dengan permintaan pasar. Harga yang ditawarkan beragam, mulai dari ratusan ribu, hingga jutaan rupiah.

Kualitas lukisan disini tak kalah dengan kualitas dari tempat lain. Mereka mapu bersaing bahkan sampai memasuki pasar Internasional.

Ketika memasuki kawasan ini, kita disuguhi deretan kanvas yang dipoleh dengan warna dan bentuk yang catik.  Terdapat sekitar 20 galeri lukis yang merangkap sebagai hunian mereka.

Para seniman yang asyik menggoyangkan kuasnya diatas kanvas putih menjadi pemandangan tersendiri bagi siapapun yang berkunjung kesini.

loading...

Feeds