Tak Tahan Bau Busuk, Warga di Kab Bandung Barat Demo Pabrik Susu

Warga Desa Gadobangkong, Ngamprah, KBB, melakukan protes kepada pihak pabrik susu di Jalan Raya Gadobangkong, Kecamatan Ngamprah, KBB. (ist)

Warga Desa Gadobangkong, Ngamprah, KBB, melakukan protes kepada pihak pabrik susu di Jalan Raya Gadobangkong, Kecamatan Ngamprah, KBB. (ist)

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Warga Desa Gadobangkong, Kec Ngamprah, Kab Bandung Barat (KBB) melakukan protes terhadap pihak pabrik susu berskala nasional yang berlokasi di Jalan Raya Gadobangkong, Kecamatan Ngamprah,  KBB.

Mereka melakukan protes lantaran limbah susu dari pabrik itu mengeluarkan bau busuk yang sangat menyengat. Kondisi itu pun sudah terjadi sejak puluhan tahun lalu dan tidak pernah ada perbaikan dari pihak perusahaan hingga saat ini.

BACA JUGA:

Demo Aliansi Imah Gede, Ineu Minta Komisi I Tinjau Lokasi Sengketa Lahan

HGB Amburadul, GMBI Demo. Dewan Diminta Awasi BPN

“Bau tak sedap yang diakibatkan limbah produksi susu itu membuat warga tidak nyaman dalam menjalankan aktivitas sehari-harinya,” kata Mulyana, warga yang sempat ikut mendemo pabrik.

Menurutnya,  warga menuntut pabrik susu itu bertanggung jawab atas polusi udara yang sangat menggangu kehidupan warga. Selain itu, dampak lingkungan dar ketersediaan air bawah tanah pun menjadi berkurang dan kualitasnya menjadi buruk.

“Di belakang pabrik itu ada SDN Bunisari sehingga setiap hari para siswanya harus menghirup bau busuk limbah susu. Otomatis aktivitas belajar mengajar terganggu,” sambungnya.

Ketua RW 05 Mubarok menambahkan, bersama warga sekitar sudah melakukan prosedur teguran secara tertulis kepada perusahaan, namun hingga saat ini belum ada hasil yang diharapkan. Warga juga akan mempertanyakan izin analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal) perusahaan kepada pihak berwenang.

“Kami inginkan penjelasan dan solusi secara pasti, selain itu kejadian ini harus ditindaklanjuti dengan serius, demi kemaslahatan masyarakat sekitar,” tegasnya.

(bie)

loading...

Feeds

Bye Bye… CDMA…

PT Smartfren Telecom Tbk mengajak pelanggannya untuk beralih ke 4G LTE Advanced.